Sanggar (Institusi) Tari di Jawa Timur

1. Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 9 Surabaya
Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 9 (SMKN 9) Surabaya merupakan institusi pendidikan formal di bidang seni yang memiliki sejarah bagi perkembangan seni khususnya seni tari di Jawa Timur. Institusi ini bermula dari lembaga pendidikan Konservatori Kesenian yang berdiri pada tahun 1971 di Surabaya. Pada tahun 1975. Institusi ini berubah menjadi Sekolah Menengah Karawitan Indonesia (SMKI) yang membuka jurusan Seni Tari, Seni Karawitan, dan Seni Pedalangan. Perkembangan selanjutnya, pada tahun 1994 institusi ini berubah menjadi Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 9 (SMKN 9) Surabaya.
Proses belajar mengajar SMKN 9 dilakukan di Jalan Silawankerto Selatan Surabaya dengan bidang kegiatan Diklat Program Keahlian Seni Tari, Seni Karawitan, Seni Pedalangan dan Seni Musik. Tahun ajaran 2003/2004 memiliki 120 siswa dengan jumlah pengajar 45 orang yang memiliki bidang keahlian seni masing-masing jurusan. Kurikulum jurusan Seni Tari meliputi seni tari gaya Jawatimuran, gaya Jawatengahan dan gaya Bali. Materi tari etnis Jawatimuran memiliki porsi lebih besar dari etnis lainnya. Materi tari yang diajarkan adalah materi-materi tari tradisional dengan ditunjang pula pengetahuan seni tari secara umum.
2. Sekolah Tinggi Kesenian Wilwatikta Surabaya (STKW)
Sejarah perkembangan seni tari di Jawa Timur tidak terlepas dari keberadaan STKW yang merupakan institusi formal tingkat perguruan tinggi. STKW Surabaya didirikan pada tahun 1980 dengan membuka tiga jurusan, yaitu: Jurusan Seni Tari, Jurusan Seni Karawitan, dan Jurusan Seni Rupa. Lingkup kajian meliputi bidang kegiatan: musik tradisional, musik kontemporer, teater tradisional, teater boneka tradisional, tari tradisional, tari kontemporer, fotografi, keramik grafis, instalasi, sastra, tradisi lisan, etnomusikologi dan sejarah seni. Kegiatan belajar mengajar dilaksanakan di Jl. Klampis Anom II Surabaya.
Kurikulum jurusan Seni Tari di STKW memberikan bobot lebih untuk tari etnis Jawatimuran. Fokus pembelajaran pada Jurusan Seni Tari menekankan pada tari tradisional Jawatimuran dengan ditunjang pengetahuan berkesenian secara umum. Kegiatan belajar mengajar juga ditunjang dengan pengalaman berkesenian yang dilakukan di lingkup kampus maupun di luar kampus, hal ini berdasarkan tujuannya yaitu menumbuhkembangkan kehidupan seni budaya khususnya di Jawa Timur melalui disiplin profesi dan akademis. Hal itu berkaitan dengan peningkatan wawasan teknis dan konseptual, peningkatan intensitas baik di bidang kekaryaan dan sumber daya manusia, maupun pengembangan wilayah budaya.

3. Yayasan Kesenian Bina Tari Jawa Timur
Yayasan Kesenian Bina Tari Jawa Timur bergerak dalam bidang seni tari khususnya tari etnis Jawatimuran. Yayasan ini didirikan pada tanggal 27 Februari 1977 di Surabaya. Kegiatan pelatihan seni tari dipusatkan di Taman Budaya Jawa Timur dengan bidang kekhususan: tari anak, tari tradisi pemadatan dan tari tradisi garapan baru. Jumlah siswa saat ini 122 orang, terdiri dari TK, SD, SLTP, SMU/SMK, mahasiswa dan guru kesenian dari berbagai daerah. Pelatih berjumlah 11 orang yang terdiri dari pelatih lulusan Bina Tari, lulusan sekolah kesenian dan seniman. Kegiatan pelatihan dilakukan tiga kali tiap minggunya dengan kurikulum materi tari yang dikelompokkan berdasar tingkatannya.Tiap tingkat terdiri dari dua sampai tiga materi tergantung tingkatannya dan diujikan 6 bulan sekali untuk menentukan kenaikan tingkatnya. Kurikulum terbagi menjadi kurikulum anak-anak yang berjumlah 12 tingkatan dan remaja yang terdiri dari 10 tingkatan.
Bina Tari Jawa Timur sebagai wadah pengembangan potensi dan pengalaman seni generasi tari di Surabaya pada khususnya, dan Jawa Timur pada umumnya memiliki program pendidikan/pelatihan yang mengacu pada pertumbuhan dan perkembangan kemampuan tehnik/motorik maupun kemampuan kognitif (pengetahuan). Target proses pembelajaran dari keseluruhan program yang diterapkan adalah: 1) siswa mampu memperagakan tari dengan teknik, irama, pengungkapan yang baik, 2) siswa memiliki kemampuan kreatif untuk menumbuhkembangkan potensinya, 3) siswa mempunyai kekayaan pengalaman, dan 4) siswa dapat bertindak sebagai apresiator, kreator, pembina kesenian/pelatih, peraga/seniman penyaji, dan pengusaha/pengelola kesenian.
4. Studio Tari Raff Dance Company Surabaya
StudioTari Raff Dance Company didirikan pada tahun 1994. Bidang kegiatan studio tari ini adalah tari tradisional dan tari kontemporer melalui pertunjukan seni, pendokumentasian, pelatihan dan layanan. Kegiatan latihan dilaksanakan di Taman Budaya Jawa Timur dan Medaeng Sidoarjo. Kegiatan pelatihan dikelompokkan menjadi dua yaitu anak-anak dan remaja dengan jadwal latihan yang berbeda. Kelas anak-anak dilatih oleh para siswa senior sanggar, sedangkan kelas remaja dilatih oleh pelatih-pelatih professional. Kurikulum materi tari terdiri dari seni tari produk sanggar dan seni tari tradisional yang berkembang di masyarakat. Studio Raff DC telah memproduksi beberapa jenis tari, diantaranya: Tari Gondrang, Tari Banjar Kemuning, Tari Eblas, Tari Kasomber, Tari Kerapan Sapi, Tari Kundaran, Tari Hadrah, dll. Sedangkan karya tari anak-anak, diantaranya: Tari Payung, Tari Semut, Tari Balon, Tari Kipas, dll.
Studio Raff DC juga menerima berbagai kegiatan bersifat layanan yaitu permintaan untuk kegiatan tertentu. Kegiatan layanan yang dilakukan hingga saat ini tetap mengacu pada materi tradisional, walaupun ada beberapa pengembangan. Acuan tradisional inilah yang menjadi salah satu kekuatan sehingga eksistensinya mendapat pengakuan di masyarakat.

5. Sanggar Gito Maron Surabaya
Sanggar Gito Maron berdiri pada tanggal 21 Maret 1987, dan pelatihan dipusatkan di Taman Budaya Jawa Timur. Sanggar Gito Maron memiliki aktifitas utama dalam seni pertunjukan, pendokumentasian, pelatihan, festival dan layanan. Berbagai kegiatan layanan dilakukan oleh sanggar ini dan ketrampilan dalam pengemasan pertunjukan yang menarik menjadi salah satu kekuatan dari kelompok ini. Dalam hal pelayanan, Gito maron lebih banyak menampilkan tari-tari produk sanggar sendiri, diantaranya: Tari Lenggang Surabaya, Tari Praben Madura, Tari Emprak, Tari Sekar Giri, dll. Jumlah siswa saat ini terbagi dalam kategori anak-anak 82 orang, remaja putri 47 orang dan remaja putra 8 orang. Para pelatih terdiri dari siswa senior sanggar, lulusan SMKI (SMK 9 Surabaya) dan juga beberapa lulusan Perguruan Tinggi yang melatih sesuai dengan bidang ketrampilannya. Kegiatan pelatihan dilakukan dua kali setiap minggunya dengan kurikulum materi yang telah tersusun berdasarkan kategori anak-anak dan remaja.
6. Sanggar Tari Sri Wrahatnala Surabaya
Sanggar Tari Sri Wrehatnala berdiri pada tanggal 27 September 1979. Pelatihan dilakukan di Taman Hiburan Rakyat Surabaya (THR). Sanggar ini memiliki jumlah siswa 85 orang dan 8 orang pelatih hasil didikan sanggar. Kegiatan pelatihan dilakukan pada hari Minggu dengan kurikulum materi yang telah tersusun dengan jenjang I sampai V. Setiap tingkatan ditempuh selama 6 bulan dan diakhiri dengan ujian untuk kenaikan ke tingkat berikutnya. Sanggar ini telah memproduksi berberapa tari lepas, diantaranya: Tari Ning Sari, Tari Sariti, Tari Wuyung Sari, Tari Gendrosari, dll. Kegiatan selain pelatihan tari, sanggar ini mengadakan pelatihan wayang orang anak-anak wanita yang juga pernah mengikuti Festival Wayang Orang di Jakarta. Kegiatan pelayanan juga dilakukan, bahkan sudah dua kali mengisi pementasan Sendratari kolosal di Taman Candra Wilwatikta Pandaan.
7. Padepokan Seni Mangun Dharma Malang
Padepokan Seni Mangun Dharma didirikan pada tanggal 26 Agustus 1989 dengan bidang kegiatan utama, adalah: musik tradisional, teater tradisional, teater boneka tradisional, tari tradisional, tari kontemporer, mocopat, jaran kepang, pedalangan, topeng dan wayang kulit. Padepokan seni ini mempunyai tujuan untuk melestarikan, mengembangkan, menyebarluaskan, mendokumentasikan, serta memberdayakan kesenian khas daerah Malang.
Pelatihan seni tari dilakukan pada tiap Minggu dengan materi tari tradisional dan materi tari produk sanggar yang bernuansa tradisional. Kegiatan layanan juga dilakukan sesuai dengan pesanan dengan materi yang telah ditentukan dari kesepakatan.
8. Sanggar Tari Probo Wengker Ponorogo
Sanggar ini didirikan pada tanggal 20 Mei 2001 di Ponorogo. Bidang kegiatan sanggar mengkhususkan pada seni tari. Siswa yang tergabung dalam sanggar ini berjumlah 55 orang yang terdiri dari 35 orang remaja putri dan 20 orang putra dengan pelatih berjumlah 5 orang asli dari Ponorogo. Kegiatan pelatihan dilaksanakan pada tiap hari Minggu dengan materi tari sebagian besar tari tradisional. Kegiatan layanan juga dilakukan dan biasanya merupakan permintaan tari dari user yang dilaksanakan baik dalam kota maupun di luar kota.

9. Sanggar Binasetra Bangkalan
Sanggar Binasetra Bangkalan berdiri pada tanggal 15 Januari 1975. Sanggar ini mempunyai bidang kegiatan seni tari daerah, karawitan/campursari, dan upacara adat dalam bentuk latihan dan pementasan. Jumlah siswa putri 224 orang sedangkan putra 33 orang dengan jumlah pelatih 3 orang yang merupakan senior anggota sanggar. Anggota sanggar terdiri dari siswa SD, SLTP, SMU/SMK dan masyarakat umum. Kegiatan pelatihan dilakukan pada hari Selasa, Kamis, Sabtu dan Minggu. Kurikulum tari dikelompokkan menjadi dua yaitu tingkat Sekolah Dasar dan Tingkat Remaja (SLTP, SMU/SMK dan masyarakat). Materi tarinya terdiri dari materi lokal Madura dan juga materi tari Jawa Timur pada umumnya, seperti: Tari Ngremo, Tari Eblas dan Tari Banjar Kemuning.

10. Sanggar Tari Bhumi Jokotole Sumenep
Sanggar tari ini didirikan pada tahun 1979 di Sumenep. Sanggar ini memiliki jumlah siswa 69 remaja putri dan 29 remaja putra. Siswa yang tergabung dalam kelompok ini terdiri dari siswa SD, SLTP, SMU/SMK dan masyarakat umum. Kegiatan pelatihan dilaksanakan pada hari Minggu dan Kamis. Materi seni tari yang diberikan pada pelatihan meliputi materi tari lokal Madura, diantaranya: Tari Muwang Sangkal, Tari Sape Sonosono, Tari Topeng, Tari Sodik Sumekar, dan Tari Gambuh juga materi tari lain seperti Tari Ngremo dan Tari Topeng.
Selain kegiatan pelatihan, sanggar ini juga menerima permintaan pertunjukan tari baik di dalam maupun di luar kota. Kegiatan layanan di luar kota lebih banyak pada jenis tari tradisional Sumenep.

11. Sanggar Tari Puspa Wangi Tulungagung
Sanggar tari Puspa Wangi berdomisili di Tulungagung dengan bidang kegiatan seni tari. Jumlah siswa sebanyak 30 orang dengan jumlah pelatih 2 orang yang berasal dari Tulungagung. Kegiatan pelatihan dilakukan pada tiap hari Minggu. Materi tari adalah tari tradisional Jawa Timur yang eksis di masyarakat. Disamping kegiatan pelatihan, sanggar ini juga memberikan kegiatan pelayanan dengan menerima permintaan untuk berbagai kegiatan. Tari Jaranan sebagai salah satu materi pelatihan sering ditampilkan dalam kegiatan-kegiatan baik di daerah Tulungagung sendiri maupun di luar Tulungagung.

12. Studio Tari Winarto Ekram
Studio tari Winarto Ekram adalah grup tari profesional yang memfokuskan kegiatannya pada proses penciptaan karya tari sekaligus membuka pelatihan tari bagi masyarakat luas. Didirikan tahun 1994 dengan tujuan menjadi wadah olah kreativitas masyarakat luas, selain itu menjadi tempat pengembangan tari tradisi, modern, maupun kontemporer, dan sekaligus diharapkan kehadirannya dapat memperluas dan memperdalam wawasan seni masyarakat demi terciptannya sebuah masyarakat yang terbuka pada pertukaran pikiran menuju tegaknya tata nilai luhur, etika, dan integritas moral para seniman tari dan masyarakat luas.
Grup tari juga mengadakan kegiatan layanan untuk kegiatan-kegiatan tertentu yang dilakukan di dalam maupun di luar kota. Grup tari ini telah mementaskan 25 lebih karya tarinya di berbagai forum seni di kota-kota.

Sumber Bahan Baku: PETA TARI JAWA TIMURAN. STANDAR KOMPETENSI NASIONAL BIDANG KEAHLIAN TARI ETNIS. Disusun oleh Arief Rofiq

About these ads

54 Tanggapan

  1. tolong donk kirimin saya nama tari,alat musik pakaian adat tradisional indonesia

  2. Assalamu’alaikum Wr. Wb

    Maaf apabila ada kesempatan tolong dimuat sejarah tari Surabaya, baik siapa penciptanya, kapan diciptakan serta makna tarian tersebut dan bagaimanakah definisi Tari Surabaya itu sendiri. Terima kasih.

    Wassalamualaikum Wr.Wb

  3. Saya mau tanya sanggar teater di Surabaya dimana ya?

  4. Salah satunya, anda bisa hubungi Bengkel Muda Surabaya (BMS) di kompleks Balai Pemuda. Sekrtariatnya satu gedung dengan DKS. Salam

  5. sanggar kami mau kejawa timur, barangkali kita bisa saling kenal dan mari mendiskusikan seni dan karakter masing – masing, terimakasih

  6. sementara kita belum bisa saling ketemu, kalau da hal yang perlu didiskusikan mari lewat media ini saja, salam kenal dari Gunung Agung

  7. pak tolong donk informasinya kalo mau beli kaset untuk tari traditional dimana ya ?? spt tari bondan,gambyong,remo dll. saya berdomisili di jember.kalo vcd instructional untuk tari traditional ada gak ya?? terimakasih sebelumnya.

  8. salam kenal…
    saya alumnus SMKI angkatan87
    mungkin ada yang ingin mengadakan reuni?
    dulu saya mengambil jurusan tari.
    salam kangen bt teman teman saya
    guru..Bpk Jumiran..joko waluyo.alm Munardi dll.

    salam kangen dari Den Haag.

  9. maaf,,kalau boleh tahu alamat tepatnya sanggar tari Puspa Wangi di Tulungagung daerah mana??

    terimakasih sebelumnya.

  10. Mudah2an sanggar tari tersebut lebih diperhatikan oleh pemerintah, walaupun ada sedikit pesimisme. Mudah2an kasus tari pendet yang diklaim sama negara tetangga tidak terulang lagi. Mungkin berbagai jenis tari harus sudah mulai didokumentasikan secara digital atau daam bentuk website agar lebih dikenal sebagai produk budaya Indonesia. Sebagai contoh bisa dilihat di http://indopedia.gunadarma.ac.id Tinggal dilengkapi aja kontennya yang memerlukan partisipasi publik atau pihak yang peduli dengan keindonesiaan. Salam dari dunia kampus :)

  11. sy pingin tau alamat studio tari raff dace company yg ada di medaeng sidoarjo soalnya lebih dekat dari rumah sy…

  12. Studio Raff Dance di Medaeng sudah lama tutup, info selengkapnya coba hubungi Arief Rofiq, 0816 540 6980

  13. alamat sanggar tari di Malang di mana saja?

  14. Alhamdulillah dunia seni khususnya Tari banyak diperhatikan di Jawa Timur…

    Tapi Sendratasik Unesa Kok gak termasuk ya…

    Tlong ditambahkan donk…??? :D

  15. mau tau almat sanggar gitomaron surabaya dunk…

  16. anda bisa hubungi langsung pimpinannya Dimas Pramuka Atmaji di Taman Budaya Jatim, di situ juga latihannya. telp 031 5412128 (maaf kalo keliru), atau HPnya saja: 0838 5726 2888

  17. Mohon informasi ttg sanggar tari tradisional & kreasi yg ada di surabaya selatan dimana saja?..terimakasih

  18. saya umur 24 tahun…n baru tertarik belajar hip hop…wilayah domisili di surabaya…mau cari sanggar ato semacamnya..ehm kalo bisa privat sich oke aja …tapi saya gak punya tempat n saya juga gak punya basic nari…hubungi saya ato sms di 0818507812

  19. Mohon informasinya…adakah sanggar tari tradisional,tari kreasi, atau modern dance yg pelatihanya dilakukan setiap hari Sabtu atau Minggu di daerah Surabaya.Saya sangat tertari untuk belajar tari”an namun kendala Saya setiap hari Senin sampai Jum’at saya Bekerja dan sorenya Kuliah,,,mhon di berikan balasan informasi melalui E-mail Saya di pure_imunk@yahoo.com
    Trimakasih :-)

  20. saya ingin belajar tari, tapi saya tidak tau alamat sanggar tari terdekat yang bisa saya hubungi untuk ikut latihan. bisa tolong saya?? saya tinggal di jl. rungkut mejoyo utara, dekat kampus ubaya. terimakasih

  21. tolong kasih tahu sanggar tari yang ada didaerah surabaya selatan dunk…..
    yang pasti latihannya itu terletak pada hari sabtu atau minggu.soalnya senin sampai jumat saya ada kuliah terus.bls ya….thank’s

  22. D tahun ajrn 2010-2011 ni sya ingn skali mzuk d smkn9 surabya.N pä syarat2x??

  23. Anak saya ingin belajar tari tradisional, saya tinggal di Pondok Tjandra Indah, apakah saya bisa minta informasi untuk sanggar tari terdekat dengan rumah saya ? Terima kasih sebelumnya …

  24. Yang lumayan dekat dari Pondok Candra adalah di Sedati. Coba hubungi: Sanggar Tari Gumlegar (cp: Sukarti, HP: 0813 3007 9644) atau ST Gridawama, Jl. Abdulrahman 85, Pabean, Sedati (cp: Sri Trinil Setyawati, HP: 081 7311 506)

  25. mohon info,,,kami akan membuat pertunjukan wayang orang dengan durasi satu jam, apakah itu bisa??? tapi mintak iringan hidup bukan VCD sama kaset. nah rencananya mau di pentaskan bulan juli. tak tunggu informasinya, atau bisa hubungi saya di nomer ini 085649880962

  26. saya mau tanya alamat Padepokan Seni Mangun Dharma Malang. sekalian nomor telponnya kalo ada.
    terima kasih.

  27. kebudayaan indonesia terus maju dan berkembang

  28. Saya umur 19 th, ingin menekuni tari, mohon beritahu sanggar tari d surabaya yg terdekat dan contact person yg bisa saya hubungi. Saya tinggal di daerah Ngagel. Terimakasih Mohon dijawab.

  29. Ada yang tau ,sy cari VCD tari tradisional jejer ???sy tinggal di surabaya. tolooong kepingin banget nari lagi!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  30. Salam kenal, mohon infonya pak sanggar taro traditional di daerah kertajaya..saya ingin belajar tari..terimakasih sebelumnya..

  31. anak saya inggin belajar tari modern dance, saya tinggal di daerah lontar indah, dekat ptc supermall, mohon informasinya yg terdekat dgn alamat saya… trimakasih…..

  32. kulonuwun, saya mencari sanggar tari tradisional yg menerima ibu2,syukur2 yg ada kegiatan gamelannya dan dekat dgn rmh saya,daerah graha tirta waru,tks,hp:08122677889

  33. Ibu coba menghubungi Ibu Trinil di Ngingas, telpnya: 081 7311 506

  34. Anak saya yang usia TK ingin sekali belajar tari tradisional. Mohon informasi alamat atau no telp sanggar tari tradisional di wilayah Surabaya Selatan (dekat waru/jl achmad yani). Terima kasih banyak atas bantuannya.

  35. Anak saya yang usia TK ingin sekali belajar tari tradisional. Mohon informasi alamat atau no telp sanggar tari tradisional di wilayah Surabaya Selatan (dekat waru/achmad yani tepatnya di daerah sekitar masjid agung/gayungsari). Terima kasih banyak atas bantuannya.

  36. Di Cito kayaknya ada. Namanya Surabaya Stage Dance. Coba kontak

    8563300139 Ponsel
    3170726181 Ponsel
    85732700932 Ponsel

  37. di Cito juga ada raff dance company, bergerak dibidang pelatihan dan penciptaan tari tradisional bisa daftar setiap hari di kudalumping artshop 08819362057, komplek pusat batik jatim, latihannya hari jumat dan saptu mulai jam 16.00 sd 20.00

  38. Bagi masyarakat surabaya selatan yg ingin belajar menari tari tradisional daerah Jawa Timur datang saja di Raff Dance Company di City of tomorrow, upper groud (komplek Batik Jatim ) setiap hari Jumat dan Saptu pk 16.00 – 19.00, di buka kelas Anak-anak dan kelas remaja, atau hub sdr muhib 085785600995 di sekretariat Raff di Kuda lumping art Shop : menjual berbagai kebutuhan kesenian: Kaset, Sampur, Gongseng, busana tari jejer, ngremo ,dll dg alamat yg sama setiap hari

  39. ada yg tahu tmpat penyewaan baju tari gk …..

  40. Perkenalkan mas. Sanggar tari tradisional Jawa Timur SPECTRA DANCE STUDIO. Kami memang institusi baru dalam dunia berkesenian ini. Lokasi kami ada di Waru. Hanya 15 menit dari Juanda. Kami punya cabang di JMP, Surabaya.

    Jadwal pelatihan reguler kami hanya Sabtu dan Minggu. Semoga bisa membantu yang ingin berlatih tari di hari non-kerja.

    Terima Kasih

  41. saya pengen jadi model d mana sanggar.nya

  42. saya tinggal di Candi Kalasan IV dekat Kampus ABM, saya mau ikut sanggar tari. tapi saya ngga tau alamat sanggar tari yg dekat dari alamat saya. mohon informasinya. terimakasih

  43. anak saya pengen sekali belajar tari remo tapi pengen yg private tolong infonya untuk guru yang bisa private

  44. Silakan hubungi Taman Budaya Jatim, telp 031 5342128

  45. apakah ada yang punya no. telp Studio TYDIF Surabaya ? penting. terima kasih.

  46. mohon info untuk tempat peminjaman kostum wayang di surabaya kira-kira ada dimana.. terimakasih :)

  47. aslmkm…tlg saya dikasih alamat kursus tari / dance anak perempuan usia 3th daerah rungkut surabaya, kalau bisa jadwalnya sabtu sore & minggu, terimakasih.

  48. Di THR Surabaya ada.

  49. Hubungi Bapak Tribroto Wibisono, telp: 031 70814762

  50. Diaztiarni, studio Tydiff, telp: 0813 5716 7857

  51. dimana saya bisa menyewa penari bali di surabaya utk acara open ceremony…….???

  52. Anak saya perempuan, umur 11 thn. minat skli ke dunia seni tari dan menulis ( naskah, cerpen dll ). Saya ingin memasukan ke sanggar teater di Malang. Sudah benarkah langkah saya ? kalau sdh benar, sanggar teater apa dan di mana alamatnya ? Mhn bantuan info dan saran dari rekan 2x semua. Bila ada rekan 2x yang tahu dan mau membantu saya, hub saya di (0341) 7389009, 0817385889. thax

  53. Silakan kontak Pak Mujiyono: 0812 3007 677

  54. Silakan menghubungi Dewan Kesenian Kota Malang, Jalan Majapahit, daerah splendid.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: