50 Lukisan Ilustrasi Cerpen Dipamerkan di Surabaya

Surabaya – Sebanyak 50 lukisan yang menjadi ilustrasi cerita pendek (cerpen) Kompas selama 2007 dipamerkan di Galeri Orasis, Jalan HR Muhammad, Surabaya, 11 – 21 September 2008. “Pameran ini digelar untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat secara luas agar bisa mengapresiasi secara langsung karya ilustrasi itu,” kata penanggung jawab pameran, Wiediantoro di Surabaya, Kamis.

Ia mengemukakan bahwa dalam perkembangan senirupa kontemporer, ilustrasi cerpen Kompas itu mendapat banyak sorotan. Hal itu karena yang terlibat dalam kancah ilustrasi itu adalah perupa-perupa terkemuka.

“Mereka juga memiliki posisi cukup penting dalam dinamika senirupa kontemporer Indonesia. Sebagaimana ungkapan, seribu kepala menyimpan seribu pendapat. Apresiasi terhadap karya ilustrasi ini juga bermacam-macam,” katanya.

Menurut Wiediantoro, ada yang memberikan apresiasi setinggi-tingginya terhadap karya-karya itu, namun ada pula yang mengecam mengenai kualitasnya yang katanya kian waktu kian merosot.

Selain ditampilkan secara mandiri, karya-karya itu juga ditampilkan lengkap dengan karya cerpennya. Karena itu ukuran karyanya lebih kecil dibandingkan dengan karya yang ditampilkan secara sendiri.

Pada pameran itu, juga ditampilkan sejumlah karya lukisan yang tidak terkait dengan karya cerpen. Karya-karya itu ditampilkan untuk memberikan gambaran secara utuh mengenai karya para perupa tersebut.

“Artinya kami ingin menunjukkan bahwa perupa yang karyanya dijadikan ilustrasi cerpen itu betul-betul memiliki karya yang mandiri dan berkualitas. Mereka tidak tergantung pada pesanan sebagaimana dalam ilustrasi itu,” kata Wiediantoro.

Sejumlah nama yang karyanya dipamerkan adalah, Acep Zamzam Noor, Amelia Lestari, Andar Manik, AS Kurnia, Ayu Arista Murti, Dyan Anggraini Hutomo, Erica Hestu Wahyuni, Frans Nadjira, Grace Tjondronimpuno, Hanafi, Hardiman.

Nama lainnya adalah, I Nyoman Wirata, Ipong Purnama Sidhi, Isa Perkasa, ketut Susena, Made AryaDwita Dedok, Nasiun, Nyoman Erawan, Syahrizal Pahlevi, Wiediantoro, Tatang BSP, Wayan Sujana Suklu dan lainnya.

Masuki M. Astro
antarajatim.com – Kamis, 11 Sept 2008 14:58:49

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: