Pesona Nusantara 9 Pelukis

Pesona kapal-kapal tradisional Indonesia menjadi inspirasi lukisan yang dipamerkan mulai pagi ini di Lobby Lounge Hotel Shangri-La.

AGUNG RAHMADIANSYAH/RADAR SURABAYA PESONA LAUT: Pesona kapal-kapal tradisional Indonesia menjadi inspirasi lukisan yang dipamerkan mulai pagi ini di Lobby Lounge Hotel Shangri-La.

Empat puluh lukisan karya sembilan pelukis Surabaya mulai pagi ini bisa dinikmati di Lobby Lounge Hotel Shangri-La. Mereka mengusung keindahan alam nusantara sebagai objek.

AGUNG RAHMADIANSYAH/RADAR SURABAYA

NOVILAWATI ANISA

nofilawatianisa@yahoo.co.id

KESEMBILAN pelukis itu Fauzi, Mozes Misdi, M Anshori, Yudianto, D Kustin, Suratno, Mohammad Harris S, Maria Tjui,, dan Dodik Hartono. Pameran bertema Pesona Indonesia ini digelar Sitatag Juari dari Tatag’s Art Gallery untuk menyambut Hari Pahlawan.

Mayoritas lukisan yang dipamerkan beraliran realis, selain kontemporer dan impresionis. Makna yang diusung para pelukis pun beragam. Ada yang memilih keragaman budaya, kehidupan sosial, suku bangsa, sejarah, bahasa, hingga kekayaan alam.

Tatag mengatakan, tema Pesona Indonesia dipilih karena pameran ini menonjolkan kesederhanaan. Yakni, kesederhanaan para pelukis untuk menghasilkan karya indah sekaligus menyimpan makna dan pesan yang sangat dalam. ’’Coba lihat seluruh lukisan yang dipamerkan. Kesannya sih sederhana. Tapi coba nikmati agal lama. Di balik kesederhanaan itu, ada suatu pesan yang sangat bagus,’’ kata Tatag di sela persiapan pameran, kemarin.

Beberapa judul lukisan yang dipamerkan, antara lain, Rembulan di Tepi Pantai, Sunrise in Bromo, Dinamika, Panen Raya, Traditional Padi Rice Harvest, dan Indonesia Gemah Ripah Loh Jinawi.

Setiap pelukis mencoba menampilkan pesona alam Indonesia dari sudut pandang masing-masing. Salah satu yang jadi masterpiece pamera ini adalah karya Fauzi berjudul Indonesia Gemah Ripah Loh Jinawi. Dalam kanvas berukuran 150 x 300 cm itu, pelukis kelahiran Surabaya ini bercerita tentang keinginan rakyat yang ingin dipimpin oleh sosok Semar.

Dalam lukisan itu, sosok Semar bersanding dengan gunungan bergambar Garuda Pancasila yang menusuk seekor sapi. Sapi itu merupakan jelmaan Dewi Bethari Durga, lambing godaan duniawi seperti korupsi. ’’Semar diimpikan jadi pemimpin karena dia dikenal jujur, bersih, sekaligus berkharisma,’’ terang Tatag. (*)

Radar Surabaya, 31 Oktober 2008

About these ads

2 Tanggapan

  1. saya ingin tahu 9 pelukis indonesia yg lukisanya mengenai kapal, lebih detail, karya dan dimana saya bisa lihat lukisan tersebut tks

  2. mantap allll

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: