SUTOWO: Seniman Ludruk, Surabaya

Soero Bledek, adalah nama panggung yang sering digunakannya. Sutowo dikenal sebagai aktor ludruk tiga jaman yang masih bertahan hingga sekarang. Tahun 1967, tercatat sebagai pemain kelompok ludruk Gema Tribrata, dan sejak tahun 1979 berkarier sebagai pemain independen. Namun selain sebagai pemain, beberapa kali Sutowo juga menyutradarai pertunjukan.

Dalam usianya yang sudah senja, ternyata Towo masih menunjukkan kemampuannya. Terbukti dalam lomba ludruk se-kota Surabaya tahun 2003 yang lalu, dirinya terpilih sebagai pemeran terbaik. Dan ternyata, bukan hanya ludruk, Towo pun pernah terlibat dalam sinetron yang ditayangkan TVRI Surabaya sebanyak lima kali.

Ditanya soal suka duka menjadi pemain ludruk, Towo menjawab lugu: “Senang bila banyak tanggapan, banyak penggemar, dan dukanya bila sedikit tanggapan, terutama waktu bulan puasa.” Meski demikian, penghasilannya sebagai pemain ludruk tergolong minim. Dalam satu kali pementasan rata hanya mendapatkan honor sekitar Rp 6.000,- hingga Rp 10.000,- Kecuali untuk acara-acara khusus, ada sedikit kenaikan. Sebagai tambahan pendapatan untuk kebutuhan sehari-hari, mendapat bantuan dari anak-anak dan hasil wiraswasta istri menjual makanan dan membuka warung kecil.

Bertubuh tinggi besar dengan suara berat dan keras, Towo pun tak pernah menyerah, melainkan tetap konsisten sebagai pemain ludruk. Dia sadar betul bahwa menjadi pemain ludruk tak bisa diandalkan untuk mendapatkan penghasilan yang memadai. Apalagi untuk masa seperti sekarang ini. Karena itu sejak tahun 2001 Towo menjadi pemandu acara (MC) untuk penganten Jawa, bekerjasama dengan waria-waria perias untuk pengantenan gaya Jawa Tengah.

Lahir di Kertosono 17 Mei 1935, Towo memperistri Suwati dari Lamongan yang mengaruniai lima anak. Mereka adalah Sunaryati (lahir 1961), Sunaryanto (1963), Sunaryo (1965), Soni Suhartono (1969) dan Munawaroh (1972). Alamatnya sekarang, Jl. Kupang Panjaan II-15 Surabaya, telp. 031.5611392. (*)

(sumber: Buku Penghargaan Seniman Jatim, 2003)

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: