M. Daryono (alm): Perupa yang Melegenda

Pelukis yang satu ini boleh dibilang salah satu kebanggaan pelukis Surabaya. Bersama dengan Gatut Kusumo, O.H. Supono, Krishna Mustadjab, Amang Rahman dan M. Roeslan, merupakan tokoh papan atas yang memiliki kharisma tersendiri. Sayang, mereka semua telah berpulang. Pelukis bohemian ini juga rajin menulis, kutu buku, dan senang membagi ilmunya pada anak-anak muda. Lelaki bersorot mata tajam inilah yang telah ikut berjasa mendirikan Akademi Seni Rupa Surabaya (Aksera), wakil ketua DKS, ketua Lembaga Pengembangan Seni Rupa (LPSR) “Aksera”, serta dosen di STKW Surabaya.

Mohammad Daryono mulai aktif pada pertengahan tahun limapuluhan, bersama OH. Supono, CJ Ali, Budi Sr, dan lainnya. Ia ikut dalam kelompok Sanggar Angin bersama Krishna Mustadjab, dan Karyoso Ys. Mereka melukis bersama, berdiskusi dan mengadakan pameran bersama. Lukisan-lukisan Daryono bermula dari bentuk-bentuk ekspresif dari obyek yang digambar secara realis, kemudian berkembang dalam teknik seni kubistis. Tema-tema yang dilukisnya sebagian besar menggambarkan kehidupan masyarakat bawah, para pedagang kecil, tetangga di sebelah rumah, istrinya maupun sahabat-sahabatnya.

Selain pelukis, Daryono juga dikenal sebagai pematung. Karya-karya patungnya yang bertema kepahlawanan banyak menghiasi beberapa sudut kota Surabaya. Termasuk, patung Gubernur Soeryo yang terletak persis di depan Gedung Grahadi Surabaya. Pengagum Chairil Anwar dan Affandi ini tidak sekadar melukis dan berkesenian belaka. Tahun 60-an bersama sesama seniman, Daryono aktif melakukan gerakan membendung pengaruh komunisme yang waktu itu merajalela.

Lahir di Jakarta 26 Januari 1933, M. Daryono meninggal dunia tahun 1992, di rumah terakhirnya, di kawasan Perumnas Manukan Surabaya, meninggalkan seorang istri dan seorang puteri. (hn)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: