Harus Berani Keluar Pakem

SURABAYA – “Orang harus berani keluar dari pakem,” tegas Slamet Abdul Syukur dalam diskusi Berbicara Ketepatan dalam Bermusik Orkestra di rumah pengamat musik Krisna Setiawan, Jalan Kendangsari, kemarin (22/10).
“Jika tidak, kita akan selalu berpikir dengan cara standar, tidak kreatif, dan hanya akan membuat dunia yang kita tempati tidak berkembang. Bahkan, semakin terpuruk,” lanjut Slamet menyikapi semakin buruknya musikalitas di Indonesia.
Menurut komposer musik kontemporer Indonesia tersebut, saat ini orang yang mau belajar musik banyak. Namun, semangat belajar itu digiring ke arah pembodohan. Dia sangat kecewa dengan metode pembelajaran musik, terutama musik klasik, yang ada selama ini.
“Sekolah musik yang sekarang menjamur kebanyakan hanya berlomba mencari murid. Asal bisa mahir main alat musik tanpa ’keceklok’, sudah dianggap bagus. Tidak mempertimbangkan kualitas yang dihasilkan,” jelas musisi asli Surabaya itu.
Diskusi yang rutin dilakukan setiap bulan sejak April 2006 tersebut merupakan sebuah tahap awal upaya memperbaiki kualitas musik di Surabaya. “Surabaya kan termasuk kota urban dengan beragam penduduk. Harapannya, kita bisa melepas simpul-simpul mati berkebudayaan,” ujar Lan Fang, novelis yang ikut dalam diskusi itu.
Diskusi tersebut mengundang para pemilik sekolah musik, guru musik, dan penulis musik. “Kami mengundang siapa saja yang ingin bergabung dalam diskusi ini. Tidak hanya dari kalangan pemusik,” tandasnya. (nar/wek)

Jawa Pos, Selasa, 23 Okt 2007

Iklan

Satu Tanggapan

  1. kalo bisa hasil diskusi tiap bulannya bisa di post disini
    makasih banyak. Aku tunggu berita selanjutnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: