Lestarikan Tari Petik Kopi

BONDOWOSO – Puluhan guru tari TK/SD/SMP/SMA dari seluruh penjuru Bondowoso tiga hari ini dilatih khusus. Mereka di-drill khusus berbagai tari tradisional di Aula Dinas Pendidikan (Dispendik) Bondowoso. Tujuannya, agar para guru bisa mentransfer tari tradisional kepada siswanya.
Dalam pelatihan itu, sedikitnya 66 guru tari di Bondowoso dituntut membuat karya tari petik kopi ala Bondowoso. Termasuk iringan gamelan atau musik terhadap tari karya masing-masing kelompok peserta. Tak heran, sejak Rabu kemarin masing-masing kelompok membuat tari petik kopi.
Tak hanya itu. Mereka juga dituntut membuat karya tari yang benar-benar sesuai dengan karakter masyarakat Bondowoso. Mulai dari gerak tubuh, tangan kaki hingga karakter musiknya. Didampingi tujuh instruktur tari, peserta harus bisa menciptakan tari tradisional dalam tiga hari.
Kasi Kebudayaan Dispendik Drs Suhartoyo menyatakan, pelatihan itu agar seni tradisonal tetap berkembang di Bondowoso. Pasalnya, minat tradisional generasi muda sekarang berkurang drastis. “Seni tradisonal perlu dilestarikan,” katanya kemarin.
Caranya tetap memelihara berbagai tari tradisional Bondowoso. Bahkan, dia berharap tari yang ada saat ini dikembangkan lebih maju sehingga tidak ketinggalan zaman. “Para guru tari itu harus mampu mentrasfer ilmu tarinya ke anak didiknya,” ujarnya.
Dengan cara itu, maka tari tradisional di Bondowoso bisa bertahan lebih lama lagi. Sebab, saat ini generasi muda memiliki kecenderungan lebih menyukai tari modern. “Generasi penerus tidak boleh melupakan tari tardisional. Sebab, tari tradisional adalah kekayaan bangsa yang harus tetap dilestarikan,” pungkasnya. (aro)

Radar Jember, Jumat, 26 Okt 2007

Iklan

Satu Tanggapan

  1. selamat saya ucapkan kepada Bapak Rasio, atas prestasi yang di raih oleh prop Jatim dalam event pawai budaya di Jakarta

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: