Siapkan Perayaan Seabad Balai Pemuda

SURABAYA – Pada November, Balai Pemuda berusia seabad. Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Balai Pemuda dan Gedung Nasional Indonesia, pengelola, pun menyiapkan sederet acara.
Balai Pemuda memang begitu mewarnai sejarah Kota Surabaya. Pada zaman kolonial, gedung itu bernama Simpangsche Societeit. Gedung itu menjadi tempat nonik dan sinyo kulit putih berdansa-dansi. Kala itu, pribumi dan anjing dilarang masuk. Pada era revolusi, Balai Pemuda berubah menjadi markas Pemuda Republik Indonesia.
Sejak awal bulan, UPTD menyiapkan beberapa agenda. Gong perayaan itu ditabuh bersamaan dengan Hari Pahlawan, 10 November. “Kami sudah menyosialisasikan ke masyarakat soal kegiatan-kegiatan yang akan kami lakukan. Salah satunya, melepas seribu balon ke udara,” kata Kepala UPTD Balai Pemuda Nirwana Juda kemarin (24/10).
Rangkaian acara perayaan itu dimulai Sabtu, 3 November, dengan menampilkan atraksi musik di pelataran Balai Pemuda. Warga Surabaya dihibur oleh penampilan sejumlah band. Di antaranya, Plat L, The Hand, band rock lawas Andromeda, serta band kawakan Panjaitan Bersaudara alias Panbers.
Minggu pagi, 4 November, dilangsungkan Balai Pemuda Fun Bike yang berhadiah utama 10 motor. Peserta sepeda santai itu akan menempuh perjalanan sekitar 15 km. Start dan finis di Balai Pemuda.
Puncak perayaan dihelat pada 10 November. Penonton akan dihibur sejumlah band. Di antaranya, The Gembelz dan Hutoma Band. Tak hanya itu, usai penampilan band, akan digelar wayang kulit semalam suntuk dengan dalang Ki Sinarto dari Taman Budaya Jawa Timur (TBJT).
Menurut Juda, pada dekade 1970-an, Balai Pemuda adalah pusat kegiatan masyarakat, terutama seni. “Zaman dulu, kalau pemusik sudah tampil di Bali Pemuda, berarti dia adalah pemusik jempolan. Sekarang terbalik. Yang tampil di sini kebanyakan mereka yang baru cari nama,” ujarnya. (nar)

Jawa Pos, Kamis, 25 Okt 2007

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: