Deklamasi untuk Hari Pahlawan

PUISI Aku karya Chairil Anwar memang penuh tantangan. Intonasi dan ekspresi kalimat per kalimat berubah-ubah, naik-turun. Tapi, menampilkan Aku secara baik saja belum cukup dalam final Lomba Deklamasi Perjuangan yang dihelat Surabaya Plaza Hotel (SPH) kemarin (8/11). Enam finalis juga harus mampu membuat dan mendeklamasikan puisi perjuangan karya sendiri.
Mohammad Najid, salah seorang juri dari Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Surabaya (Unesa), menyatakan bahwa puisi buatan finalis justru akan menunjukkan penghayatannya. “Finalis dituntut merangkum hal-hal dalam 1945 hingga 2007. Sebuah penghayatan yang berat,” katanya.
Lomba deklamasi yang juga didukung Dewan Harian Daerah (DHD) 45 tersebut diikuti 60 peserta pelajar, mahasiswa, dan umum. Peserta lantas mengerucut menjadi enam finalis yang terdiri atas empat pelajar dan dua mahasiswa.
Ada empat aspek penilaian dari kedua puisi yang dideklamasikan peserta. Yakni, intonasi, aksentuasi, pemahaman isi, serta penampilan. “Khusus puisi buatan finalis juga dinilai,” tegas Najid.
Enam finalis menampilkan gaya yang berbeda. Ada yang maju ke panggung tanpa alas kaki dan dengan lantang meneriakkan deklamasi. Ada pula yang berpakain ala veteran dan baju tentara.
Selain enam finalis tersebut, hadir deklamator tamu. Dia adalah Jeannette Maxfield, mahasiswa pertukaran pelajar dari Amerika Serikat (AS). Jeannette yang kini sekolah di SMAK Santo Hendrikus itu membawakan puisi Aku. Dia sempat lupa syairnya dan diam, kemudian melanjutkan lagi. “Sempat gugup di depan tadi,” ujar siswa yang sudah tiga bulan berada di Surabaya itu.
Pemenang lomba tersebut berturut-turut adalah Zia Muthi Amrullah (mahasiswa IAIN Sunan Ampel), Putri Utami Rizqianingtyas (mahasiswi Universitas Airlangga), dan Dilloniar (siswa SMAN 2 Surabaya). “Saya tidak menyiapkan apa-apa. Serba mendadak sebenarnya,” kata Putri, peraih peringkat kedua.
Maklum, meski tak menyiapkan diri secara baik, jam terbang Putri sudah cukup tinggi. (ara)

Jawa Pos, Jumat, 09 Nov 2007

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: