Arif Rofiq. Getol Ajari Remaja Tari Daerah

KLAIM Malaysia atas reog Ponorogo sebagai budaya mereka membuat Arif Rofiq semakin semangat mengajarkan tari daerah kepada anak-anak dan remaja. Pelaksana harian Festival Cak Durasim 2007 itu berharap pengenalan tari daerah sejak dini dapat membuat generasi muda mencintai budaya daerah agar tidak hilang digerus zaman.
Pria kelahiran Jombang 15 Juni 1964 itu mengaku sedih melihat sedikitnya anak muda yang tertarik pada tarian daerah. “Kalau sejak kecil belum dikenalkan pada tarian daerah, mereka tidak merasa memiliki budaya tersebut. Maka, reog Ponorogo diklaim Malaysia,” katanya.
Selain di sekolah dan sanggar, dia mengatakan, perlombaan tari perlu ditambah agar anak-anak memiliki ruang untuk berekspresi. Salah seorang juri Duta Tari Jatim itu mengatakan, kompetisi tari akan merangsang kemauan anak-anak untuk melestarikan tari. “Anak-anak perlu diberi arahan untuk mencintai budaya daerah,” tuturnya.
Pria yang pernah mendapat kehormatan untuk menjamu tamu negara dengan tarian remo di Istana Negara pada 2003 itu berpendapat, untuk menari, tidak hanya dibutuhkan bakat. “Dengan latihan, yang merasa tidak punya bakat juga bisa menari. Asal, rajin latihan,” jelasnya.

Dia mencontohkan pengalaman dirinya ketika berkenalan dengan dunia tari. Kecintaannya dengan dunia tari justru berawal dari keinginan untuk mengangkat ekonomi keluarga.
“Selepas SMP, ada teman yang memberi tahu bahwa jadi seniman di Surabaya akan mendapat uang,” ujarnya lantas tertawa. Semangat mendengar pernyataan itu, pemilik sanggar Raff Dance tersebut nekat berangkat ke Surabaya untuk belajar menari. “Setelah mengenal tarian, saya langsung jatuh cinta. Dan benar kata teman saya itu, jadi seniman pun menjanjikan kehidupan yang layak,” tegasnya. (uji)

Jawa Pos, Sabtu, 24 Nov 2007

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: