Malaysia Krisis Jati Diri, Caplok Budaya Indonesia

suarasurabaya.net| Menanggapi Reog Ponorogo yang diklaim jadi budaya asli Malaysia, AKHUDIYAT Budayawan Surabaya mengatakan, Malaysia sedang mengalami krisis jati diri.
“Dari negara miskin sekarang mereka menjadi Orang Kaya Baru atau OKB, sehingga ada kekosongan budaya. Sementara budaya mereka hanya budaya Melayu, tidak punya budaya beragam seperti yang dipunyai Indonesia. Jadi untuk menunjukkan sebagai OKB, Malaysia mencari-cari dan mencaplok budaya negara lain,” kata AKHUDIYAT pada Suara Surabaya, Kamis (22/11).
Sementara itu AKHUDIYAT memberikan masukan, bahwa bangsa Indonesia sediri malas mengurus hak paten, dan memperjuangkan kreasi yang dimiliki.
Ditambahkan AKHUDIYAT, dari sisi politik Malaysia punya tujuan tertentu. Malaysia ingin membangun Melayu Raya, sehingga dari semua bidang yang dihasilkan orang Melayu dianggap milik Malaysia. Sehingga Malaysia lupa kalau Indonesia, Brunei dan Singapura merupakan negara bangsa.
Untuk itu kata AKHUDIYAT, bangsa kita jangan malas, harus mau memelihara budaya, tidak hanya pandai mencipta. Pemerintah RI juga harus kembali ke budaya tulis, jangan hanya lisan.(gk/ipg)

22 November 2007, 16:40:29, Laporan Iping Supingah

Iklan

2 Tanggapan

  1. Salah satu upaya pelestarian budaya indonesia adalah dengan membuat dokumentasinya, termasuk dokumentasi digital atau elektronik di era informasi ini. Mungkin peran perguruan tinggi bisa dikedepankan di sini. Kegiatan riilnya bisa dalam bentuk penelitian atau pengabdian masyarakat.Yuk kita cintai dan pertahankan budaya indonesia

  2. kami lagi coba membuat museum virtual dari berbagai produk budaya lokal di Indonesia. Semoga bisa cukup membantu promosi dan pelestariannya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: