Puisi Akhudiat Lepas Bawong

KEMARIN seniman Bawong Suatmadji Nitiberi disemayamkan di tempat peristirahatan abadi. Sekitar jam 09.00 seniman yang mendapat penghargaan seni dari provinsi Jatim pada 2005 itu dibaringkan di pemakaman keluarga di Banyu Urip.
Beberapa pejabat dan seniman ikut mengantarkan seniman yang juga berprofesi sebagai produser di TVRI Jatim itu. Antara lain, Wakil Wali Kota Arif Afandi, Kepala TVRI Jatim Iskandar Achmad, Kasubid Kebudayaan Dinas P dan K Jatim Mulyantari, dan Chairman Jawa Pos Dahlan Iskan. Beberapa seniman yang ikut melawat adalah Kartolo, Bambang Gentholet, Akhudiat, Harjono W.S., Didit H.P., Kadaruslan, dan Bambang Sujiono.

Keharuan tampak pada wajah para pelayat itu. Kesan mendalam tentang sosok Bawong pun terungkap lewat pernyataan Arif Afandi kemarin (27/11). “Saya sempat mendiskusikan cara mencari terobosan seni ludruk agar bisa populer. Tak hanya itu, kami sempat beberapa kali membahas perkembangan seni ludruk yang terasa belum maksimal,” katanya.

Sebelum jenazah diberangkatkan, Akhudiat, seniman yang juga rekan Bawong, menyampaikan puisi berjudul Kamu Rindu Pohon dan Ranting. Bait-bait puisi tersebut menambah haru para pelayat. Isak tangis pun mengambang di udara.

Berada di baris terdepan iring-iringan pelayat itu adalah Endang Ernawati, istri bawong; Naulani Dewi, anak sulung yang membawa foto sang ayah; dan Bandang, anak keduanya.

Seperti diberitakan, Bawong wafat pada Senin (26/11) setelah 12 tahun digerus penyakit jantung koroner. Seniman teater yang giat pada kebudayaan tradisional itu meninggal dalam usia 55 tahun. Dia meninggalkan istri dan dua anak.(top)

Jawa Pos, 28 November 2007

Iklan

2 Tanggapan

  1. Keluarga Besar Kelompok CAGER Gresik

    Turut Berbelasungkawa Yang Sedalam-dalam nya

  2. kami anggota FSL turut berduka,
    smoga Allah SWT memberikan ridho-Nya,
    amin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: