Unesa Belajar Musik Banyuwangi

BANYUWANGI-Sebanyak 40 mahasiswa semester VII jurusan seni, drama, tari, dan musik (Sendratasik) Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Surabaya (Unesa) belajar ke Banyuwangi. Mereka memperdalam musik khas daerah di Sanggar Lang-Lang Buana, kemarin. Yang membanggakan, hasil dari pembelajaran itu akan digunakan sebagai salah satu mata kuliah di Unesa.
Selama enam hari belajar musik di Kota Gandrung, mahasiswa yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia itu sudah fasih menyanyikan lagu-lagu Using. Mereka juga belajar beberapa alat musik Banyuwangi. Seperti angklung, kendang, gong, terbang, hingga kluncing.
Dosen sendratasik sekaligus Ketua Laboratorium Jurusan Sendratasik Dra Eko Wahyuni Rahayu mengatakan, kegiatan studi lapangan, pentas seni, dan kolaborasi itu dalam rangka Hari Jadi Banyuwangi (Harjaba). Alasan studi di Banyuwangi, karena memiliki kantong seni paling besar di Jawa Timur. Apalagi, Banyuwangi tidak pernah sepi kegiatan adat istiadat. Misalnya, kebo-keboan, seblang, dan lainnya. “Kami di sini mengkaji musik etnis. Musik Banyuwangi enak didengarkan,” puji perempuan berambut pendek itu.
Eko Wahyuni menambahkan, kegiatan itu sebagai partisipasi Unesa pada hari ulang tahun Banyuwangi. Pihaknya juga diberi kesempatan memeriahkan Harjaba dengan tampil di Gesibu Blambangan. “Hasil dari pembelajaran ini akan dijadikan salah satu mata kuliah di kampus,” katanya.
Lagu-lagu yang akan dibawakan adalah kolaborasi lagu berjudul ’Kemayoran’ dengan lagu Banyuwangi berjudul ’Uki-uki’. “Kami berharap, dengan belajar di Banyuwangi, mahasiswa bisa menguasai musik nusantara dan dikenalkan ke daerahnya masing-masing. Karena out put mereka, guru sekaligus seniman,” harapnya. (lla/irw)

Radar Banyuwangi, Selasa, 18 Des 2007

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: