Kenali Corak Batik Daerah Sendiri

SURABAYA – Rendahnya apresiasi generasi muda terhadap batik menggugah semangat para seniman untuk menggalakkan kembali produksi batik. Melalui work shop batik guru-guru SMP dan SMA dari Surabaya, Sidoarjo, Gresik, dan Bangkalan, Institut Seni Indonesia (ISI) Negeri Surakarta berharap pengajaran keterampilan membatik di sekolah dapat menumbuhkan rasa cinta generasi muda pada kekayaan budaya tradisional itu.
Workshop yang diikuti oleh 26 peserta tersebut berlangsung selama dua hari, kemarin dan hari ini. Melalui kegiatan tersebut seluruh peserta diajak bersama-sama membuat batik dari awal hingga selesai. “Kami berharap dengan menularkan kemampuan membatik pada guru, anak-anak sekolah dapat belajar menghargai batik karena gurunya dapat memberi contoh pembuatan. Bukan cuma teori,” kata Ranang Agung Sugihartono, ketua panitia pameran Spirit of Traditional di Galeri Surabaya kemarin (28/12).
Jumlah negara luar yang mengklaim batik sebagai kakayaan budaya mereka, lanjutnya, bisa semakin banyak jika generasi muda Indonesia tidak mencintai kesenian tradisional. “Sekarang baru Malaysia dan negara di Afrika yang mengklaim. Kalau kita tidak menghargai khasanah budaya kita sendiri, bisa diambil negara lain,” katanya.
Untuk meningkatkan apresiasi anak didik, lanjut Ranang, materi workshop disesuaikan dengan corak batik masing-masing daerah tempat workshop berlangsung. Kemarin, para guru yang ikut serta dikenalkan motif-motif batik dari Jawa Timur seperti Isen-Isen dari Madura dan Ayam Sawunggaling dari Surabaya.(uji)

Jawa Pos, Sabtu, 29 Des 2007

Iklan

Satu Tanggapan

  1. saya tertarik banget ikut workshop batik madura ini,kalo sudah lulus kuliah gitu masih bisa kan???dimana saya bisa ikut??saya berdomisili di Surabaya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: