Eyang Thalib Buka Sekolah Seni Gratis

SIDOARJO – Ke manakah generasi muda Sidoarjo bisa mengasah jiwa dan kreasi seni? Cobalah Padepokan Akar Rumput! Budayawan Thalib Prasodjo, 76, membuka sekolah seni tersebut secara gratis. “Saya memulainya Januari ini untuk mengawali 2008,” tutur seniman yang akrab dipanggil Eyang Thalib itu.

Eyang Thalib menyatakan sengaja mendirikan sekolah seni gratis tersebut karena terinspirasi filosofi akar rumput. Dia mengungkapkan, potensi berkesenian masyarakat tingkat bawah bisa berkembang. Menempati sebuah rumah di Perumahan Magersari Permai Blok U No 7, pemahat patung di kompleks Tugu Pahlawan Surabaya tersebut siap menunggu murid. “Banyak generasi berbakat, tapi belum tersalurkan. Mereka mengira belajar seni itu mahal,” ungkap Thalib.

Generasi muda yang merasa tidak punya bakat seni pun masih punya kesempatan mencoba. Yang penting, mereka punya kemauan belajar. Padepokan Akar Rumput siap menitiskan keterampilan seni apa saja buat siswanya. Mulai memahat, melukis, hingga seni pertunjukan. Eyang Thalib menyatakan punya banyak teman seniman yang siap membantu. “Jadi, mau belajar seni apa saja, saya ladeni,” kata pelukis sketsa yang cukup disegani itu.

Dari sekolah seni gratis tersebut, Eyang Thalib berharap murid-muridnya nanti bisa hidup. Mereka tidak perlu modal belajar. Semua bahan dan kebutuhan belajar disediakan. Jika karya seni sudah jadi, muridmurid bisa memutuskan sendiri akan digunakan untuk apa karya seni itu. “Kalau modal saya habis, tinggal minta ke anak saja,” gurau pria lima anak tersebut. (nuq/roz)

Radar Sidoarjo, Selasa, 01 Jan 2008

Iklan

4 Tanggapan

  1. eyang thalib aku ingin sekolah seni. aku ingin mengembangkan bakatku. aku ingin tahu melukis yg sesungguhnya. tapi aku orang yg tidak mampu. aku ingin sekolah seni gratis. bagaimana caranya eyang? lz

  2. silakan datang ke padepokan akar rumput, perum magersari indah blok O-7 Sidoarjo

  3. jam berapa idealnya berkunjung ke Eyang ?
    saya tertarik dengan patung , terimah kasih

  4. Janjian dulu aja, 0816 1518 4318

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: