Peserta FRN Meningkat

PONOROGO – Festival Reog Nasional (FRN) XIV yang digelar 5-8 Januari 2008 tampaknya bakal berlangsung lebih meriah. Setidaknya, jumlah peserta even tahunan dalam rangka Grebeg Suro ini meningkat dibanding tahun lalu. Jika tahun lalu hanya diikuti 31 peserta, FRN kali ini akan diramaikan 42 peserta. “Meski juara bertahan Wonogiri tahun ini absen karena sudah tiga kali berturut-turut juara umum, namun peserta kabupaten lain mengaku siap dengan materi yang akan diusung lebih baik,” ujar Luhur Karsanto, Sekkab Ponorogo, kemarin.

Sejumlah peserta yang telah resmi mendaftar di antaranya Probolinggo, Gresik, Surabaya, Jember, Batu, Kediri, dan DKI Jakarta. Bahkan, beberapa tim dari luar Jawa juga dipastikan ikut, seperti dari Sumatera Selatan, Riau, Lampung, dan Kalimantan Timur.

Di sisi lain, Luhur mengaku heran tiba-tiba muncul anggapan jika aven tahunan Grebeg Suro yang merupakan agenda untuk melestarikan budaya, menghambur-hamburkan uang. Apalagi, jika dihubungkan dengan bencana banjir yang melanda sejumlah kawasan di Bumi Reog. “Saya kira itu terlalu dangkal jika bencana banjir dikaitkan dengan Grebeg Suro,” tuturnya.

Menurutnya, pemkab melalui satkorlak bencana alam sudah melangkah untuk membantu para korban banjir. Termasuk mengevakuasi para pengungsi dan memberikan ruangan di kantor pemkab serta mendirikan tenda dapur umum. Kalau pun pasca banjir diperlukan langkah sebagai bentuk recovery akibat dampak banjir, menurut Luhur, sudah menjadi tugas daerah setelah melihat kondisi di lapangan.

“Sehingga, tidak model digebyah uyah begitu. Dan, Grebeg Suro tetap harus berjalan karena ini dalam rangka melestarikan budaya kita,” tegasnya. Even seni budya yang sudah bertaraf nasional ini diharapkan juga menjadi hiburan tersendiri bagi masyarakat. (tya)

Radar Madiun, Rabu, 02 Jan 2008

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: