Perupa Surabaya Cari Jati Diri

SURABAYA – Gelisah tak memiliki “jati diri” yang jelas, 23 pelukis Surabaya mengadakan “demo”. Mulai kemarin (7/1) mereka unjuk karya dalam bingkai pameran bersama bertajuk Suroboyo Rek. Pameran di Galeri Surabaya itu ingin menunjukkan kepada publik bahwa Surabaya sebenarnya juga punya “warna” tersendiri dalam peta seni rupa tanah air.

Menampilkan 23 karakter lukisan dari 23 pelukis, pameran tersebut diharapkan dapat menyatukan gagasan seniman Surabaya untuk menentukan arah kesenian Surabaya. “Kami berharap, pameran ini bisa menjadi ajang silaturahmi antarseniman agar dapat mencapai satu kesepakatan dibawa ke mana kesenian kita,” kata Dji Bang Joe, ketua panitia pameran.

Dua puluh tiga pelukis itu adalah Cak Pa’at, Cak Nono, Ning Indra, Cak Andi Solas, Cak Agus Suyanto, Cak Supar Pakis, Cak Andi Ananta, Cak Woko, Ning Valent, Cak Jafin, dan Cak Sukar. Juga, Cak Tedi S., Cak Pi’i, Cak Sholeh Kanvas, Cak Yohan, Cak E. Swan, Cak Udin, Cak Wahyudi D. Sutomo, Cak Pandik, Cak Dodik, Cak Hadi, Cak Rahmad, dan Ning Sandra Sarawita.

Dji Bang mengatakan, karya yang dipamerkan memang belum bisa mewakili semangat dan karakter perupa Surabaya. “Kalau berkunjung ke Jogja, Bali, dan Bandung, kita langsung bisa menebak seperti apa karya-karya pelukis di sana. Harapannya, pameran ini bisa membentuk langkah untuk mewujudkan penanda karya seni dari Surabaya” tuturnya.

Selama ini para perupa menyatakan kesulitan menemukan ciri khas karya Surabaya karena forum rembuk antar perupa tidak pernah maksimal. Salah satu penyebabnya, menurut Cak Dji, adalah tidak ada tempat berkumpul yang representative.(uji/ari)

Jawa Pos, Selasa, 08 Jan 2008

Iklan

Satu Tanggapan

  1. setiap derah punya keunikan tersendiri surabaya banyak ciri kasNya cuman krang poblikasinya aja

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: