Museum Jangan Sampai Terbengkalai

DKJT Berharap Mpu Tantular Dimanfaatkan
SURABAYA – Pengurus Dewan Kesenian Jawa Timur (DKJT) berharap eks Museum Mpu Tantular tidak ditelantarkan. Pasalnya, bangunan di Jalan Mayangkara itu termasuk salah satu cagar budaya penting di Surabaya.

“Para seniman tentunya tidak ingin kehilangan warisan budaya itu,” ujar Ketua III DKJT Muhammad Fauzi kemarin (9/1).

Keprihatinan para pengurus DKJT itu terkait dengan status eks Museum Mpu Tantular itu yang kini terkesan tak ada yang mengurusi. Padahal, dua tahun lalu, DKJT termasuk lembaga yang sempat ditunjuk untuk mengisi kegiatan kesenian di gedung yang terletak di kawasan strategis itu.

Dia mengklarifikasi berita sebelumnya (JP, 9/1) yang menyebutkan bahwa DKJT sebagai pengelola Museum Mpu Tantular. “DKJT hanya ditunjuk untuk menjadi bagian dari lembaga yang dapat memanfaatkan museum dengan sebaik-baiknya,” ujarnya.

Penunjukan itu berdasarkan SK Kepala Dinas P dan K Jatim tertanggal 1 Agustus 2006 mengenai pembentukan pelaksanaan teknis harian (PTH) pengelolaan kegiatan eks-Museum Mpu Tantular. PTH berfungsi untuk melaksanakan kegiatan revitalisasi museum berupa pameran, workshop, sarasehan, dan pergelaran seni. “Saya waktu itu menjadi ketua PTH-nya,” kata Fauzi.

Namun, kegiatan DKJT sempat terhenti pada Oktober sampai November 2006 karena Museum Mpu Tantular direnovasi. Renovasi selesai pada Desember 2006.

“Pada Oktober 2007 keluar SK Gubernur Jatim yang mengatur mengatur mengenai pembentukan Tim Aset Museum Mpu Tantular. Tim tersebut bertugas untuk melaksanakan pengisian koleksi museum dan menyelesaikan status keberadaan Museum Mpu Tantular. “Secara kelembagaan DKJT tidak terlibat setelah SK itu keluar,” terang Fauzi. (bro/ari)

Jawa Pos, Kamis, 10 Jan 2008

Iklan

Satu Tanggapan

  1. Jasmerah kata Bung Karno. ❗
    Jangan sekali-sekali melupakan sejarah ❗
    Ingat kasus reog yang sempat diklaim Maaysia.
    Ingat arca-arca yang ternyata banyak yang dicuri. Yang ada banyak yang palsu 😉

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: