Festival untuk Obat Kecewa

FSS 2008, Tribute to Surabaya
SURABAYA – Meski Festival Seni Surabaya (FSS) tahun lalu dianggap sebagai episode kegagalan, itu tak menyurutkan semangat Yayasan Seni Surabaya untuk menggelar FSS 2008, Juni mendatang. Untuk mengobati kekecewaan masyarakat penonton tahun lalu, panitia telah merencanakan berbagai suguhan kesenian yang berkualitas dan lain daripada yang lain.

FSS 2008 tetap dipusatkan di kompleks Balai Pemuda, Jalan Gubernur Suryo dan dilangsungkan 1-15 Juni. Menurut Ketua Pelaksana FSS 2008 Riadi Ngasiran, tim kesenian dari beberapa negara berencana tampil dalam even seni terbesar di Surabaya itu. Namun, Riadi belum bersedia menyebutkan negara mana saja yang sudah memberikan sign akan mengirimkan delegasi keseniannya di FSS nanti.

“Nggak enak kalau saya ungkapkan sekarang, wong masih dalam tahap pembicaraan kok,” ujar Riadi dalam jumpa pers di sekretariat FSS 2008, kompleks Balai Pemuda, kemarin (29/1).

Meski begitu, fokus festival tetap pada pembinaan seniman-seniman lokal Surabaya dan Jawa Timur. Artinya, kata Riadi, FSS punya tanggung jawab moral untuk mengangkat kelompok-kelompok kesenian lokal yang potensial dan berkualitas.

“Sajian yang akan kami tampilkan lebih mengutamakan nilai, selain karya yang merespons perkembangan peradaban masyarakat, khususnya yang terjadi di Surabaya,” ujar pengamat seni rupa itu.

Untuk tema, FSS 2008 menyelaraskan dengan peringatan 100 Tahun Kebangkitan Nasional yang mengacu pada berdirinya Boedi Oetomo, 20 Mei 1908. Kebetulan, ujar Riadi, dalam waktu yang berdekatan, Surabaya juga memperingati hari jadinya ke-715 pada 31 Mei. Karena itu, tema FSS 2008 mengacu ke kedua momen sejarah itu, “100 Tahun Kebangkitan Nasional: Tribute to Surabaya”.

Saat ini panitia terus berkonsolidasi untuk menyiapkan festival yang didukung Pemkot Surabaya dan berbagai sponsor itu. “Kami jadwalkan akhir Februari nanti para calon penampil sudah memberikan kepastian. Tak terkecuali yang dari luar negeri.”(top/ari)

Jawa Pos, Rabu, 30 Jan 2008,

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: