Dekranasda Sidoarjo Gelar Festival Batik Sidoarjo

Gairahkan Kesenian Batik
suarasurabaya.net| Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sidoarjo selenggarakan Festival Batik Sidoarjo di Pendopo Kabupaten Sidoarjo. Gerakan pengusaha batik dari sejumlah kantong perajin Sidoarjo terlibat masing-masing dari batik Kampung Jetis Sidoarjo, batik Kenongo dari Kecamatan Tulangan dan batik Sekardangan Sidoarjo.

Di sela-sela kegiatan festival, seminar Menghidupkan Batik Sidoarjo juga digelar. ARIS SANTOSA Pemerhati Seni Budaya, satu diantara pembicara mengatakan batik Sidoarjo termasuk yang diincar kolektor, termasuk kolektor asal Jepang.

Kata ARIS anehnya saat minat asing muncul pada batik Sidoarjo, orang lokal masih awam dengan batik Sidoarjo, karena itu ia mendorong kegiatan semacam ini untuk dipersering intensitasnya. Termasuk kolaborasi dengan perancang busana untuk diagendakan fashion show. Ia juga mengatakan pelatihan membatik yang melibatkan anak muda dan sekolah-sekolah diperlukan untuk memperbanyak para pengrajin batik di Sidoarjo sehingga potensi yang ada tidak semakin susut tetapi bertambah.

EMY SUSANTI Ketua Dekranasda Sidoarjo pada RULLY reporter Suara Surabaya, Kamis (31/01), mengatakan menggiatkan batik merupakan kepeduliannya sejak lama. EMY juga akan menerbitkan buku sejarah batik Sidoarjo.(kss/ipg)

Iklan

Satu Tanggapan

  1. kepedulian pemerintah kabupaten sidoarjo terhadap batik sidoarjo menurut saya kurang serius saya mahasiswa seni sedeang mengambil tugas akhir mengambil batik sidoarjo dan ingin mengangt batik sda but pada saat mencari data ke dinas terkait data tentang batik sda ngk ada malah saya tanya tentang batik sda mereka hanya sebats “yang itu2 aja” merak ngk bisa menjelaskan lebih jauh banget. maka dari itu mohon bantuan agar sya di beri contac person yang bisa menjelaskan batik sda soalnya saya sudah stengah jalan dan benr2 meneliti sendiridari buku2 dan meninjau batik di sidoarjo tapi yang belum sekardangan sih maksih di tuggu balasnnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: