Pameran Sketsa Energi Alam Semesta

SIDOARJO – Pameran unik berlangsung di Museum Mpu Tantular Sidoarjo. Elang, pelukis energi, memamerkan berbagai karyanya yang dibuat dengan pensil. Rata-rata berupa sketsa energi manusia dan alam semesta.

Elang menggambarkan bahwa di lokasi bencana yang kini menimpa Porong, yaitu semburan lumpur, terdapat tiga naga raksasa. Pelukis yang bernama asli Petru Suryo Gunawan itu juga menyajikan sketsa jiwa, aura, dan energi manusia.

Menurut Elang, sketsa-sketsanya itu banyak bergerak di wilayah otak kanan, potensi yang jarang dioptimalkan manusia. Dia mengaku melukis seolah-olah tanpa kemauan diri sendiri. Pria asli Surabaya itu mengaku melukis dengan dorongan energi. “Tangan saya seperti berputar di atas kertas tanpa memutus goresan,” tambahnya.

Karakteristik lukisan Elang adalah bulat. Tidak ada sama sekali yang mengulang goresan, apalagi mengubah atau menghapus. Puluhan sketsa itu, antara lain, menyajikan dorongan energi yang menghasilkan gambar raja-raja lama di Nusantara, wali sanga, dan tragedi lumpur di Porong.

Elang juga mengaku tidak bisa menjelaskan makna lukisannya. “Saya hanya melukis, tidak memikirkan arti dan sudut pandangnya,”ujar Elang.

Dalam pembukaan pameran yang berlangsung Rabu lalu itu, hadir pakar antropologi Unair Prof Josef Glinka SVD dan pakar supranatural R. Soenarjo. Mereka membahas arti dan cara Elang melukis. Josef mengatakan, energi potensi berasal dari partikelpartikel supernatural, metafisika, cahaya benda, bumi, dan tata surya. “Yang dilukis Elang bukan semata-mata di luar logika, tapi bisa dijelaskan dengan teori ilmiah,”ujarnya. (nuq/roz)

Radar Sidoarjo, Jumat, 28 Mar 2008

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: