Panitia Siap Gelar FSS

Tampilkan Ratna Riantiarno, Franky, Pantomimer Prancis
SURABAYA – Panitia Festival Seni Surabaya (FSS) 2008 menyatakan kesiapan untuk mengadakan festival pada 1-15 Juni. Seluruh penampil sudah memastikan kesanggupan meramaikan festival untuk perayaan HUT ke-715 Surabaya itu.

“Seratus persen penampil sudah siap. Mereka tinggal tampil sesuai jadwal,” ujar Ketua Panitia FSS 2008 Riadi Ngasiran di sekretariat Balai Pemuda kemarin (29/4).

Sejumlah seniman besar didatangkan, selain seniman lokal. Di antaranya, dedengkot Teater Koma Ratna Riantiarno, penyanyi balada Franky Sahilatua, musisi kontemporer Sawung Jabo, tokoh ludruk Kartolo, dan pantomimer Jemek Supardi.

“Pada pembukaan nanti, sudah kami rancang kolaborasi antara Sawung Jabo, kelompok musik Jangan Asem, dan Cak Kartolo. Pasti seru,” kata Riadi didampingi programmer R. Giryadi.

Selain itu, tampil Ratna Riantiarno yang akan membacakan cuplikan buku Bumi Manusia karangan Prammoedya Ananta Toer. Budayawan Salahudin Wahid juga akan berorasi duet dengan Franky Sahilatua. Lalu, ada penampilan pantomim yang mempertemukan pantomimer Jemek Supardi dan Phillipe Bizot (Prancis). Ada pula kelompok tari hip-hop Prancis yang beradu dengan Hip-Hop Foundation, kelompok musik hip-hop Jawa dari Jogja.

“Tak kalah serunya penampilan kelompok olah vokal Acapela Mataraman dan wayang kontemporer STSI Bandung yang pernah menjadi best performance dalam festival wayang internasional di Vietnam,” tambah Riadi.

Panitia juga mengadakan diskusi budaya dengan pembicara Dr Hariadi (pengamat politik Unair), Diah Arimbi (pengamat sastra), Afrizal Malna (penyair), dan Jaya Suprana (bos Muri). Selain itu, FSS bakal diramaikan oleh pasar kreatif yang berisi pameran buku, pameran desain kaus, seminar sastra, dan beberapa workshop.

Namun, di balik segala persiapan tersebut, panitia masih terkendala dana. Hingga kini, panitia masih menunggu mobilisasi dana dari sponsor dan pemkot. “Sebenarnya, masalah pendanaan untuk penyaji sudah beres. Tapi, kami kan juga butuh dana operasional. Itulah sebabnya, kami sangat berharap dukungan sponsor dan pihak-pihak terkait lainnya,” tandas Riadi. (ken)
Jawa Pos, Rabu, 30 Apr 2008,

Iklan

Satu Tanggapan

  1. saya seniman musik dari salatiga, bisa tahu kontak person untuk acara FSS, apakah sudah tutup kemungkinan ngisi acara?

    Wasalam

    bambang dwiatmoko

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: