Gandeng Unair, Promosikan Film Dokumenter

SURABAYA – Meski istilahnya cukup populer, film dokumenter masih dinikmati kalangan terbatas dan di daerah tertentu. Termasuk di Surabaya, jarang ada pertunjukan film dokumenter.

Padahal, peserta kompetisi film dokumenter di berbagai daerah, seperti Bandung dan Jakarta, paling banyak berasal dari Surabaya. “Itu kan ironis,” kata Zakiah, koordinator program pendidikan Yayasan Masyarakat Mandiri Film Indonesia (YMMFI), kemarin (6/5).

Karena itu, In-Docs, organisasi yang berada di bawah YMMFI, akan mengadakan traveling film dokumenter 2008. Dalam lawatan di Surabaya, In-Docs yang menggandeng FISIP Unair akan menyajikan 14 film dokumenter.

Acara itu diselenggarakan pada 13-15 Mei 2008 di Kampus Unair. In-Docs juga akan mengunjungi Denpasar, Makassar, Medan, Padang, Jember, dan Solo.

Menurut Zakiah, kebanyakan film dokumenter justru dibuat orang asing. Sebagian besar dibikin hanya untuk kebutuhan penelitian, bukan berangkat dari apresiasi. Karena itu, wajar jika belum banyak masyarakat yang mengetahui apa dan bagaimana sebenarnya film dokumenter tersebut.

Dia menambahkan, film-film yang bakal ditampilkan bukan sembarangan. Di antaranya, film Renita-Renita yang menyabet gelar Film Terpendek Terbaik dalam Festival Film Internasional Cinemanila pada 2007. Film tersebut mengisahkan asal mula seorang laki-laki yang kemudian berubah menjadi waria. (eko/hud)
Jawa Pos, Rabu, 07 Mei 2008,

Iklan

Satu Tanggapan

  1. kapan nih In-docs mampir ke Probolinggo, atau mas wisnu dari DKJT yang mampir ke Probolinggo. jujur Probolinggo sangat butuh wacana Film Dokumenter. kalau Produksi film Dokumenter ada lho, siapa yang mau muter silahkan hub Janabijana Film Probolinggo.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: