Pulang Kampung, Pamer Lukisan

SURABAYA – Choirijatun, pelukis sekaligus pematung asli Surabaya yang kini menetap di Dusseldorf, Jerman, kembali unjuk gigi di tanah kelahirannya. Mulai kemarin (8/5), arek asli Dukuh Setro, Kenjeran, tersebut memajang lukisan karyanya di lobi Garden Palace Hotel Surabaya.

Dalam pameran bertajuk The Colorful World of Choirijatun itu, dia memajang 23 karya. Sebelum pembukaan, perempuan yang akrab disapa Chori tersebut juga mementaskan tari karyanya yang berjudul Outside.

Tarian tersebut merupakan kolaborasi tari modern dengan remo dan Jawa. Musik yang mengiringi terdengar rancak dengan sentuhan gamelan Bali. “Saya ingin mengenalkan budaya kita ke negara mana pun,” kata Chori.

Wanita yang menetap di Jerman sejak 2001 tersebut dengan bangga memamerkan salah satu karya terbaiknya yang berjudul Lady Fruling. Lukisan yang dihargai EUR 7.500 (atau sekitar Rp 85 juta) itu menggambarkan seorang wanita karir.

Di atas kepala wanita itu terdapat seekor ikan tersenyum dan rangkaian bunga serta kupu-kupu yang dimaknai sebagai bentuk keberhasilan. Menurut perempuan kelahiran 25 Agustus 1971 tersebut, seorang wanita yang berhasil dalam karir akan menjadi sibuk dan terbang ke sana kemari.

Hampir di seluruh lukisannya yang beraliran pop art ditemukan gambar ikan dan corak kedaerahan. “Ikan dan Indonesia itu ikon saya,” ujar istri Jurgen Walker Weber tersebut.

Sebelumnya, Chori berkesempatan memajang 40 karyanya di museum Cultural Foundation, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Bahkan, salah satu karyanya dipajang dalam museum Malta Biennale, Italia. Setelah ini, Chori juga akan pamer karya di Jakarta, Jerman, serta New York. (eko/ayi)
Jawa Pos, Jumat, 09 Mei 2008,

Iklan

Satu Tanggapan

  1. selamat berjuang melalui budaya seni rupa kami salah satu seniman di Pare, mendoakan dan selamat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: