Wayang Pakai Kondom

Kampanye Bahaya HIV/AIDS
SURABAYA – Pergelaran wayang bisa menjadi salah satu alat penyampai pesan. Dalam rangka mengampanyekan bahaya HIV/AIDS, Pusat Kebudayaan Prancis (CCCL) Surabaya akan menampilkan aksi dalang Ki Sinarto. Pertunjukan kebudayaan sarat makna itu berlangsung di gedung CCCL Surabaya, Jl Darmokali, hari ini.

Ketika pentas, Ki Sinarto akan memvisualkan bahaya penyakit mematikan itu melalui wayang beserta cara menghindarinya. “Saya akan mengambil salah satu latar belakang cerita Mahabharata,” ucap keturunan dalang Ki Tarub tersebut.

Saat mendalang, pria asli Lamongan tersebut tidak hanya duduk sila di depan layar. Dia juga akan jalan-jalan dan lari-lari untuk memberikan gambaran cerita nyata di atas panggung.

Cerita apa yang akan dibawa? Ki Sinarto mengatakan, dirinya akan menggambarkan kehidupan Yayati yang mengkhianati Dewayanti, istrinya. Meski telah memiliki istri, Yayati tega selingkuh dengan Sarlista yang tidak lain teman Dewayanti.

Tak disangka, Dewayanti yang mengetahui suaminya selingkuh wadul ke ayahnya yang juga seorang brahma. Akhirnya, dia pun mengutuk Yayati agar berpenyakit. “Tubuhnya yang semula ngganteng dan putih menjadi kurus kering dan tidak berdaya. Ciri-cirinya sama seperti AIDS,” katanya.

Dalam pementasan yang akan dilangsungkan hari ini pukul 20.00 itu, Ki Sinarti juga akan memeragakan cara memakai kondom melalui media wayang. “Saya akan latihan dulu nanti malam (tadi malam). Sakdurunge gak tau ruh cara nggaene (sebelumnya tidak pernah tahu cara memakainya, Red),” ujarnya dilanjutkan tertawa.

Direktur CCCL Surabaya Herve Mascarau mengatakan, acara tersebut adalah bagian dari pameran ilmiah AIDS berbagi pengetahuan. (eko/ayi)
Jawa Pos, Jumat, 09 Mei 2008,

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: