Satu Kanvas, Tiga Pak Ci

SURABAYA – Melukis wajah Ciputra, pebisnis besar Indonesia, dalam satu kanvas barangkali telah jamak. Tapi, jika tiga wajah Ciputra yang menggambarkan tiga ekspresi dalam tiga momen dilukis oleh tiga seniman dalam satu kanvas, itu yang baru. Inilah yang terjadi di Marketing Office Ciputra World kemarin (11/5).

Tiga perupa, Asri Nugroho, Auly Kastari, dan Asep Leoka, berkolaborasi mengabadikan wajah Pak Ci, panggilan Ciputra. Mereka bekerja sama melukis tiga momen penting Pak Ci pada kanvas berukuran 1,2 x 3 meter.

Potret Pak Ci menerima penghargaan dari suku Asmat dilukis di sisi kiri oleh Auly Kastari, perupa Semarang. Di tengah, Asri Nugroho menggambar Pak Ci saat dianugerahi doktor honoris causa (Dr HC) di Universitas Taruma Negara. Asep Leoka kebagian bagian kanan. Dia menggambar Pak Ci saat menerima penghargaan sebagai Entrepreneur of the Year oleh Ernst and Young.

Menurut Freddy H. Istanto, kurator seni dan penata letak ketiga potret Pak Ci, momen puncak kehidupan Ciputra terjadi ketika dia menerima gelar Dr HC. “Oleh karena itu, gambarnya diletakkan di tengah,” ujar Freddy.

Foto utama tersebut menghadap ke depan. Bagian kanan Ciputra (kiri kanvas) menggambarkan kecintaan Pak Ci terhadap estetika. Sedangkan bagian kiri foto utama Ciputra (kanan kanvas), kata dekan Fakultas Teknologi dan Desain Universitas Ciputra tersebut, melambangkan bahwa menjadi entrepreneur bukan tujuan seorang Ciputra.

Tiga pelukis itu menggoreskan sentuhan pada lukisan tiga sosok Pak Ci. Auly Kastari bermain di jalur ekspresionis dengan sentuhan warna-warna pastel. Asri Nugroho mengandalkan jalur realis. Asep Leoka bermain di jalur impresionis.

Lukisan tiga potret Pak Ci tersebut bakal dipajang dalam museum milik Pak Ci yang memiliki luas 10 ribu meter persegi. Museum seharga Rp 100 miliar tersebut juga akan diisi lukisan berukuran 130 x 18 meter yang dilukis 30 pelukis dunia. Lukisan itu diperkirakan akan menjadi yang terbesar di dunia. (ken/dos)

Jawa Pos, Senin, 12 Mei 2008,

Iklan

Satu Tanggapan

  1. Hmm…Benar2 fantastis!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: