Terjual 180 Lukisan 70 Skets

Pasar Seni Lukis Berakhir
SURABAYA – Pasar Seni Lukis Indonesia (PSLI) 2008 di Balai Pemuda yang berakhir kemarin (12/5) memberi kesan tersendiri bagi para peserta. Tidak hanya penjualan lukisan yang mencapai angka fantastis, tapi juga respons publik metropolis yang besar memungkinkan even serupa dijadikan agenda tahunan.

Harapan itu tercetus dalam diskusi PSLI Minggu (11/5) malam. Dari diskusi tersebut, para peserta menyatakan tidak menyangka respons pengunjung begitu tinggi terhadap lukisan yang dipamerkan. Untuk itu, para pelukis berharap tahun depan perlu diadakan pasar seni lukis lagi.

Menurut M. Anis, ketua pelaksana PSLI 2008, hingga penutupan tadi malam lukisan yang terjual mencapai 180 buah dan 70 skets dengan omzet sekitar Rp 400 juta. “Untuk masalah omzet, Surabaya mungkin masih kalah dibanding Jakarta. Tapi untuk jumlah lukisan yang terjual, bisa jadi terbanyak di Indonesia. Padahal even ini hanya 10 hari,” ujar direktur Sanggar Merah Putih, penyelenggara PSLI 2008, tersebut.

Lukisan paling mahal terjual dengan harga Rp 18 juta milik Wibowo Sanjaya, pelukis asal Semarang. Lukisan berukuran 130 x 200 cm tersebut menggambarkan sekumpulan kerbau yang tengah berendam di lumpur. Lukisan realis tersebut dibeli Bupati Jombang H Suyanto. “Dari tujuh lukisan yang saya bawa, tinggal satu yang tersisa,” ujar pria 52 tahun tersebut.

Selain berdiskusi, malam sebelum penutupan, pihak panitia juga sempat melaunching website pasar seni: http://www.pasarsenilukis.com. Website tersebut diharapkan dapat menjadi jembatan informasi bagi para pelukis di Indonesia. “Ini juga bisa menjadi forum komunikasi bagi mereka (para pelukis),” tandas Anis. (ken/ari)
Jawa Pos, Selasa, 13 Mei 2008,

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: