Tampilkan Perupa Hidden Generation

MESKI pameran seni rupa sering diadakan, ternyata, masih banyak perupa di Surabaya dan sekitarnya yang jarang nongol sehingga kurang dikenal. Padahal, mereka berbakat. Rencananya, mereka akan ditampilkan dalam Festival Seni Surabaya (FSS), 1-15 Juni.

Pameran seni rupa itu mengambil tema Hidden Generation. Tema tersebut menggambarkan kondisi seniman yang sebenarnya berkualitas, tapi tidak pernah muncul ke permukaan. “Jarang ikut pameran atau bergabung dengan seniman lain sehingga tidak dikenal,” kata Totok Priyoleksono, ketua penanggung jawab kegiatan seni rupa, kemarin (13/5).

Menurut dia, saat ini banyak seniman yang kondisinya seperti itu di Surabaya dan sekitarnya. Nah, pada festival tersebut, mereka berkesempatan tampil dan memperkenalkan karya kepada masyarakat luas. Totok meyakini ada yang luar biasa dalam sesuatu yang tenggelam.

Pria 40 tahun itu mengatakan, banyak alasan yang melatarbelakangi mereka tidak pernah muncul. Salah satunya adalah keterbatasan mereka dalam menjaring network. Beberapa di antaranya enggan mempromosikan diri dan karyanya. “Tapi, ada pula yang pernah mengikuti pameran, tapi yang ditampilkan asal-asalan sehingga tidak menyedot perhatian peminat,” tuturnya.

Dalam festival itu, panitia membatasi 26 seniman seni rupa. Mereka berasal dari seni lukis, patung, dan grafis. Selain Surabaya, panitia menjaring perupa-perupa dari beberapa daerah, seperti Mojokerto, Jombang, dan Kediri.

Totok mengatakan, saat ini belum mungkin memberikan wadah kepada seluruh seniman yang tenggelam tersebut. Karena itulah, jumlah peserta dibatasi. Nama-nama seniman yang mendaftar diseleksi secara ketat sebelum ditetapkan lolos seleksi untuk dapat mengikuti pameran tersebut. (eko/dos)
Jawa Pos, Rabu, 14 Mei 2008,

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: