Bangkitkan Gairah Budaya dengan Festival Nusantara


SURABAYA – Siapa bisa merasa sayang jika kenal saja tidak? Memiliki anggapan seperti itu Dewan Kesenian Jawa Timur (DKJT) menggelar Festival Nusantara 2008. Pada acara yang dibuka mulai hari ini di Ballroom PTC itu publik Surabaya akan disuguhi pertunjukan seni dari 12 provinsi. Di antaranya Jawa Barat, Sumatera Barat, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Utara. Selain itu, 38 kabupaten/kota se-Jatim turut mengirimkan wakilnya.

Menurut ketua DKJT Achmad Fauzi, ketegangan antarsuku di Indonesia bisa dicegah dengan saling memperkenalkan kesenian setiap daerah sejak dini. Karena itulah, peserta FN didominasi anak-anak. “Kami ingin menguatkan ketahanan budaya untuk meminimalkan konflik,” kata Fauzi.

Kemarin giliran kontingen Kalimantan Timur (Kaltim) datang melalui Bandara Juanda Surabaya. Begitu menginjak metropolis mereka disambut grup kesenian tradisional Madura. Pertunjukan musik daul (perkusi) dipersembahkan kelompok musik Ojo’ Ngono. Grup beranggota siswa-siswi SD dan SMP di Pamekasan itu membawakan lagu Karapan Sapi dan Surabaya.

Meski tidak memahami syair lagu yang dibawakan dalam bahasa Madura itu, kontingen Kaltim terlihat senang. Mereka larut membawakan tarian Jepin yang asli Kutai untuk mengiringi kedua lagu tersebut. Sesekali penabuh musik asal Pamekasan meminta salah satu peserta tim tamu itu untuk ikut menabuh.

Selain tarian, kata Fauzi, pada festival yang ditutup besok (28/5) itu para kontingen akan memamerkan karya dalam rupa audio visual dan foto. Workshop dan diskusi mengenai kesenian Nusantara juga melengkapi festival tahunan itu. “Dengan acara ini, kami ingin membangkitkan lagi gairah budaya Nusantara,” ucap Fauzi. (eko/ayi)
Jawa Pos, Selasa, 27 Mei 2008,

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: