Sosialisasi Budaya Penjaga Tradisi

Berbagai acara kesenian dan budaya khas Jawa Timur ditampilkan di Taman Budaya Jawa Timur (TBJT) kemarin (15/6). Makanan khas, tari, hingga kerajinan tangan disajikan dalam acara yang dibungkus dengan nama Etalase Etnik Surabaya tersebut.

Dibuka penampilan reog Ponorogo Singo Mangku Joyo, acara itu lantas diisi aksi 15 tari dari lima sanggar. Tarian itu sengaja ditampilkan oleh anak-anak dan remaja. ”Untuk melestarikan kesenian tradisional ini, ya salah satunya adalah mengenalkan sejak dini kepada anak-anak dan remaja,” kata Arief Rofiq, penangung jawab acara.

Saat acara berlangsung, sisi kanan dan kiri pendapa TBJT dipenuhi stan yang menjajakan makanan serta kerajinan tangan seperti tas dan sandal. Di sisi kanan pendapa, berjajar makanan yang menggoyang lidah. Ada soto, rujak cingur, dan sate kerang.

Usai istirahat siang, acara dilanjutkan dengan pemilihan Cak dan Ning Cilik. Orang tua yang datang mendampingi putra-putrinya setia menunggu sejak pagi. Sembari menunggu giliran naik ke atas catwalk, para orang tua sibuk mendandani putra-putrinya. ”Ini kali pertama ikut kontes pemilihan, jadi repot karena harus mendandani sendiri,” ungkap Rina saat merapikan kerudung yang dikenakan Citra, putrinya yang duduk di kelas 3 SD.

Kontes dengan jumlah peserta sekitar 30 anak itu memenangkan Dhira Femina S. sebagai Ning Cilik Surabaya. (obi/ayi)

Jawa Pos, Senin, 16 Juni 2008

Iklan

Satu Tanggapan

  1. Bangga banget deh baca event yang digelar Cak Arif Rofiq.Tapi kayaknya msh kurang publikasinya ya, karena belum menjangkau peminat dari daerah pelosok surabaya yang lokasinya jauh dari Taman Budaya Genteng Kali.Padahal kita juga pengen ikutan lho..tapi koq gak denger woro-woronya yaa..sayang sekali cuma bisa baca di situs ini.. tx.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: