Kemanten Bekasri Diproses hak Ciptanya

Juga Tari Boran dan Caping Ngancak Asli Lamongan

LAMONGAN – Selain memproses hak paten makanan dan kerajinan khasnya, Pemkab Lamongan juga memproses hak cipta terhadap karya seni khas Kota Soto tersebut. Salah satunya tradisi kemanten Bekasri. ”Kami sedang melengkapi data untuk memproses hak cipta tersebut,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Lamongan, Suwadji melalui Kabag Humas dan Protokol, Aris Wibawa kemarin.

Menurut Aris, setelah data tersebut lengkap, akan segera diserahkan Departemen Hukum dan HAM wilayah Jawa Timur di Surabaya untuk segera ditetapkan hak ciptanya sebagai tradisi budaya asli Lamongan. ”Setelah keluarnya hak cipta tersebut, Pemkab Lamongan bisa menggugat pihak-pihak tertentu yang mengakui tradisi kemanten itu sebagai tradisi ciptaannya,” terang dia.

Aris menambahkan, tradisi kemanten Bekasri mengandung muatan seni dan budaya yang tinggi. Meski saat ini jarang yang menerapkan tradisi itu, tetapi Pemkab Lamongan tetap mengupayakan untuk mendapatkan hak cipta untuk melestarikan tradisi budaya adiluhung.

Menurut mantan Camat Solokuro tersebut, selain tradisi kemanten Bekasri, beberapa karya seni budaya asli Lamongan juga akan diproses hak ciptanya. Antara lain, Tari Boran yang telah berhasil menyabet juara pertama dalam ajang pesona budaya nusantara di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) tahun lalu. ”Tari itu merupakan karya asli para guru di SMPN 1 Kembangbau dan dibawakan oleh para siswa dari sekolah itu pada saat juara tingkat nasional tahun lalu,” ungkapnya.

Aris menambahkan, karya seni tari terbaru yang juga ikut diproses hak ciptanya adalah Tari Caping Ngancak, yang merupakan karya tari yang baru saja diperkenalkan. (feb)
Radar Bojonegoro, Selasa, 08 Juli 2008

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: