Festival Reog Tampilkan Gaya Kontemporer

Diikuti 20 Grup

suarasurabaya.net| Reog kontemporer kolaborasi antara Reog Ponorogo dengan tarian tradisional yang ada di Surabaya bakal meramaikan Festival Reog 2008. Festival yang akan digelar pada 18 Agustus 2008, di Taman Surya, dikemas berbeda dibandingkan festival sebelumnya.

SOMIN RIYANTO PROJOHADI Ketua Panitia Festival Reog pada suarasurabaya.net, Jumat (18/07), mengatakan, seni kontemporer diangkat untuk meningkatkan minat masyarakat terhadap Reog Ponorogo.

“Selama ini yang terlihat adalah seni klasiknya dari Reog Ponorogo. Tapi kita mencoba dari sisi kontemporer yang tampil beda dari panduan Reog Ponorogi sehingga hasilnya lebih menarik,”ujarnya.

Dari sisi peserta festival, kata SOMIN, jumlahnya juga meningkat dibandingkan tahun lalu. Tahun 2007, festival diikuti 15 grup pada tahun ini 20 grup dimana 12 diantaranya dari Surabaya dan 8 dari daerah. Peserta daerah yakni Gresik (2 grup), Pasuruan (1 grup), Sidoarjo (2 grup), Batu (2 grup) dan Jember (1 grup).

Tampilnya reog kontemporer, ungkap SOMIN, sesuai arahan dari BAMBANG DH Walikota Surabaya. Festival kali ketiga dari sisi budaya merupakan upaya melestarikan seni adi luhung dimana Indonesia memiliki penari topeng terbesar di dunia. (tin)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: