Atraksi Arak-arakan Jaran Kencak

SURABAYA – Arak-arakan jaran kencak yang biasanya digelar dalam prosesi acara sunatan atau semacamnya kemarin (20/7) meramaikan G-Walk Percussion Festival 2008, di G-Walk Citraland. Arak-arakan diiringi musik perkusi Kelompok Kenong Telo dari Jember. Panggung juga dimeriahkan kelompok perkusi Banyu Geni dari Surabaya.

Arak-arakan jaran kencak terlihat sangat meriah. Bukan hanya dari tampilan dua kuda yang didandani dengan kostum warna-warni, tapi juga tampilan musik perkusinya. Mereka menyajikan musik-musik bernuansa dinamis khas Madura.

Sementara itu, di area panggung, tampil Kelompok Banyu Geni dengan sajian musik karawitan. Kelompok musik asal Taman Budaya Jawa Timur itu menampilkan komposisi Delima.

Begitu kelompok Banyu Geni usai, giliran Kenong Telo beserta arak-arakannya naik ke panggung. Kelompok musik yang beranggotakan 15 personel tersebut mengenakan kostum khas Madura.

Mereka menampilkan 10 komposisi lagu-lagu Madura, seperti Tanduk Majeng, Pajar Lagu, dan Nyelok Aeng. Tidak sekadar bermain musik, mereka juga bernyanyi. Pada beberapa lagu kelompok tersebut menyanyikan liriknya dalam bahasa Suroboyoan yang dipelesetkan. Seperti sepenggal lirik yang berbunyi, ”onok tempe diuleni, adik ipe ojok digerayangi.”

Di tengah-tengah pertunjukan, kelompok tersebut mengundang seorang penonton ke panggung untuk dinaikkan ke punggung kuda sembari berjoget diiringi musik perkusi.

Menurut Heri Lento, panitia G-Walk Festival 2008, kehadiran kelompok perkusi asal Jember tersebut tergolong spesial. ”Selain menyajikan musik perkusi yang kental dengan unsur tradisional, mereka juga menampilkan atraksi tambahan yaitu kuda kencak yang sangat atraktif. Itu nilai plusnya,” jelasnya. (ken/ari)

Jawa Pos, Senin, 21 Juli 2008 ]

Iklan

Satu Tanggapan

  1. terima kasih saya dan teman saya merasa sangat terbantu dg adanya blog anda yg menampilkan tentang jaran kencak. karena besok saya mendapatkan tugas seni budaya yg berkaitan tentang jaranan. mercy boku…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: