Sastrawan Mojokerto Mendapat Apresiasi

MOJOKERTO – Forum Apresiasi Sastra Mojokerto (Forasamo) mendapatkan kehormatan untuk menjadi salah satu bintang tamu pada acara Pertemuan Pasar Sastra Jatim 22-23 Agustus mendatang di Taman Budaya Surabaya. Ini menunjukkan eksistensi forum ini mulai diakui pada kancah Jawa Timur.

Abdul Malik, salah satu penggagas Forasamo mengatakan, selain Forasamo ada lima komunitas sastra kabupaten/kota lain yang bakal terlibat dalam kegiatan ini. Yakni, Komunitas Rabo Sore (Surabaya), Forum Sastra dan Seni Luar Pagar (Surabaya), Bengkel Imajinasi (Malang), Kostela (Lamongan) dan Masyarakat Sastra Sumekar (Sumenep).

Sementara itu, Saiful Bakri, salah satu penggerak Forasamo menambahkan undangan resmi telah dikirim via email. Dalam Pasar Sastra Jawa Timur 2008 nanti Forasamo diminta untuk presentasi makalah dengan tema Sastra Pembebasan 23 Agustus 13.00-15.00 wib. ”Makalahnya kami kerjakan bersama-sama sambil berdiskusi bersama kawan-kawan yang akan berangkat ke Surabaya,” katanya kepada Radar Mojokerto.

Malamnya, lanjut Bakri, ada pembacaan puisi dengan bintang tamu �musikalisasi puisi Bledeg Sigar Surabaya. ”Alhamdulillah, panitia menyediakan dana transportasi yang cukup untuk 10 orang, termasuk penginapan dan konsumsi,” katanya.

Lebih lanjut, dalam kesempatan yang sama, Malik yang peraih nominator Radar Mojokerto Award bidang seni Budaya menceritakan Forasamo terbentuk 23 April 2000 di Sanggar Seni Saraswati Jl. Hayam wuruk 85 Kota Mojokerto. Dari kongkow-kongkow sambil minum kopi itulah muncul gagasan-gagasan yang mengalir sederhana. Antara lain mengadakan acara baca puisi Hari Chairil Anwar tanggal 28 April 2000 di Sanggar Seni Saraswati. Ada yang baca puisi oleh Novarita, Ahmad Chotib Onar, Ovie, Budi Suhartono; orasi sastra� oleh Aming Aminoedhin; musikalisasi puisi oleh Hadi cs; monolog oleh Iwan Hariyanto; pentas teater oleh Teater Jingga. ”Masih banyak kegiatan lain yang telah kita lakukan,” katanya. (in/yr)

Radar Mojokerto, Selasa, 19 Agustus 2008

Iklan

2 Tanggapan

  1. Selamat buat Forasamo….ternyata mojokerto punya gudang sastrawan….sekali lagi selamat !! Hidup apresiasi sastra indonesia khususnya mojokerto

  2. semoga akan lahir penyair-penyair be\\hebat dari mojokerto…….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: