KADARUSLAN: Tak Kenal Kata Untung Rugi

Hingga kini, Kadaruslan masih memiliki kepedulian pada dunia seni. Usianya sudah 77 tahun, tapi itu tidak memengaruhi apa pun. Bahkan, kini dia masih menjabat sebagai ketua umum Pusura (Putra Surabaya), organisasi sosial yang berdiri pada 1936.

Terkadang, dia juga membagikan pengetahuannya tentang seni kepada mahasiswa-mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas akhir tentang kebudayaan Surabaya. Apa yang membuatnya masih mau peduli seni? “Bagi saya, seni adalah unsur kebutuhan. Itu sangat penting untuk mendewasakan budaya kita,” jawabnya.

Sosok yang akrab disapa Cak Kadar itu ingin apresiasi masyarakat terhadap seni terus meningkat. Untuk itu, sampai kapan pun dia tidak akan melepaskan diri dari dunia seni. Menurut dia, seni sangat berguna bagi pembangunan. “Orang yang berbudaya tinggi akan memiliki kepekaan,” tuturnya.

Memang, membangun seni dan budaya itu tidak seperti mendirikan warung yang bisa mendatangkan keuntungan dengan cepat. “Membangun seni membutuhkan waktu yang lama hingga hasilnya bisa dirasakan,” jelasnya.

Itulah yang mendasari Cak Kadar tetap eksis. Padahal, kondisi fisiknya mulai menurun. Sudah empat tahun terakhir kakek 14 cucu itu memakai alat bantu pendengaran di kedua telinga. Cak Kadar tidak merasa itu sebagai sebuah kekurangan. Dia menerimanya sebagai proses pertambahan usia.

Soal mengisi hidup di hari tua, pria yang tinggal di kawasan Wisma Menanggal tersebut mengaku tidak pernah punya rencana. Jalani saja apa adanya, begitu prinsip hidup dia. Menjadi tua bukan masalah besar baginya. “Yang penting, hati dan pikirannya tetap muda,” ujarnya.

Cak Kadar tidak mengenal kata untung rugi ataupun kalah menang. Segala yang dilakukan dianggapnya sebagai ibadah, entah itu berhasil atau tidak. “Kerja untuk Tuhan, manusia, dan tanah air,” tandasnya. (jan/ayi)
Jawa Pos, Rabu, 17 September 2008 ]

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: