Seno Gumira Pamer Foto Sembilan Wali

Surabaya – fotografer Seno Gumira Ajidarma akan memamerkan karyanya bertema, “Sembilan Wali dan Siti Jenar” di Galeri Pusat Kebudayaan Prancis (CCCL) Surabaya, 4 – 15 November 2008.

Atase Pers CCCL, Pramenda Krishna Airlangga di Surabaya, Kamis menjelaskan, pameran dengan tema yang diambil dari judul bukunya itu ditujukan Seno untuk berbagi pemikiran dengan orang lain mengenai penyebaran Islam di tanah Jawa.

“Seno nanti akan menggelar diskusi seputar asal usul Islam yang disebarkan oleh wali sembilan di tanah Jawa,” katanya.

Pada karyanya, Seno yang melakukan penelusuran ke makam beberapa wali atau ziarah fotografi mengungkap berbagai sisi dalam bingkai-bingkai foto yang sebagian besar berwarna hitam putih.

Sembilan wali yang sudah dikenal adalah, Sunan Maulana Malik Ibrahim, Sunan Ngampel Denta, Sunan Giri, Sunan Bonang, Sunan Kudus, Sunan Kalijaga, Sunan Gunung Jati, Sunan Muria dan Sunan Drajat.

“Selain itu, Seno juga menampilkan hasil penelusuran tentang penyebar agama Islam yang dianggap kontroversial di era Wali Sanga, yaitu Syeh Siti Jenar yang kisahnya selalu mendampingi cerita tentang Wali Sanga,” katanya.

Seno melakukan ziarah fotografi ke makam-makam wali dan kemudian dilengkapi dengan literatur sejarah yang ada. Karena itu karya yang dipamerkan tidak sekedar foto, melainkan juga menampilkan catatan lain seputar kehidupan makam para wali.

“Seno banyak menemukan hal menarik dalam kehidupan di makam para wali itu sendiri,” ujar Krishna.

Ia mengemukakan, pameran itu merupakan rangkaian pertama dari peringatan bulan fotografi di CCCL Surabaya. Selain pameran foto, CCCL akan menggelar berbagai kegiatan lain dalam kaitan dengan dunia foto.

Masuki M. Astro
antara jatim, Kamis, 30 Okt 2008 07:30:18

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: