Profesi Penari Makin Dihargai

Ketua Dewan Kesenian Jawa Timur Ahmad Fauzi gembira mengingat antusiasme kalangan anak muda terhadap dunia tari kian besar. Penilaiannya itu tergambar dalam kompetisi pemilihan Duta Penari Jawa Timur 2008. Dalam even yang digelar di DBL Arena, Jumat (21/11) malam itu, Fauzi menjadi salah seorang juri.

”Tahun lalu peserta laki-laki hanya satu orang, tapi tahun ini ada empat orang. Bahkan, juaranya penari laki-laki,” katanya bangga.

Ya, dewan juri akhirnya memilih Mohammad Hariyanto dari Pamekasan menjadi yang terbaik dan berhak menyandang gelar duta penari Jawa Timur 2008.

Menurut Fauzi, dari ajang itu, masyarakat bisa mengetahui bahwa puncak karir seseorang yang mendalami seni tari tidak hanya pada penata tari saja, tapi juga sebagai penari. Dengan even tahunan yang digagas Dinas Pariwisata Jatim itu diharapkan bisa memotivasi masyarakat Jawa Timur untuk menghargai profesi penari.

”Dulu, di tradisi kita, tari itu dibawa oleh kekuatan individual,” kata alumnus Jurusan Tari STKW Surabaya itu.

Dalam perkembangannya kini, ketika seorang penata tari berkreasi, penari yang membawakan kreasinya seolah tenggelam. ”Yang lebih dikenal justru koreografernya,” tandasnya.

Dengan pemilihan duta tari itu diharapkan profesi penari akan menguat kembali. Duta yang terpilih diharapkan bisa menjadi delegasi dan difungsikan dengan kapasitas yang besar. Tidak hanya di wilayah sendiri tapi juga bisa membawa misi ke tingkat nasional bahkan internasional.(jan/ari)

Jawa Pos, Senin, 24 November 2008

Satu Tanggapan

  1. […] Sumber Share this:TwitterFacebookLike this:LikeBe the first to like this. Posted in NEWS | Tagged apresiasi, dance, koreografer, kreasi, penari, pertumbuhan, profesi, seni tari, swing dancing, tari […]

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

Bergabunglah dengan 33 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: