Empat Pelukis Surabaya Pamer Karya Jamu Antistres

Surabaya – Sebanyak empat pelukis Surabaya, Endy L, Hen Indira, Imam Sucahyo dan Sutarno Masteng memamerkan karyanya bertema, “Jamu Antistres” di Galeri Surabaya, 24 hingga 30 November 2008.


Endy di Surabaya, Selasa mengatakan, lewat pameran ini pihaknya ingin menawarkan obat “stres” karena yang ditampilkan kaya dengan warna cerah dan obyek yang menarik perhatian untuk disimak.

“Kami tidak bermaksud menawarkan produk tertentu, apalagi jamu. Kami menggunakan tema itu karena ada sesuatu yang menarik dari jamu, yakni menyehatkan. Selain itu, orang akan tertarik membaca kalimat itu,” katanya.

Meskipun berupaya menampilkan yang manarik dan halus, katanya, tidak tertutup kemungkinan adanya orang yang menilai bahwa karya mereka justru “hancur”.

“Satu hal yang pasti, kami tidak menyuguhkan karya yang murahan dan asal-asalan. Sebaliknya kami ingin karya ini mendapatkan apresiasi dari masyarakat pecinta seni rupa di Surabaya,” katanya.

Mereka, katanya, juga menghadirkan karya untuk “jeda” atau berhenti sejenak di tengah hiruk pikuk dunia seni rupa di Surabaya. Karena itu, karya-karya mereka juga menawarkan sesuatu yang baru untuk seni rupa Surabaya.

“Di tengah hiruk pikuk seni rupa Surabaya yang juga merambah pasar nasional, kami ingin menawarkan karya yang jujur dan apa adanya,” katanya.

Sekitar 20 karya dipamerkan dalam even tersebut. Karya-karya mereka terlihat lepas dari beban sebagai karya berkelas. Mereka menampilkan diri apa adanya, misalnya kanvas yang hanya diwarnai corat-coret hitam tak beraturan.

Atau karya lain berupa plastik biru dicat lingkaran kemudian di tengahnya digantungi “skate board”. Sebuah karya yang terlihat serius adalah dua lukisan dengan obyek tumpukan batu karya Sutarno Masteng.

Karya-karya lainnya tampak sangat abstrak, namun menjanjikan sesuatu yang menghibur sebagaimana ditampilkan dalam judul pameran mereka.

Masuki M. Astro

Antara jatim, Selasa, 25 Nov 2008 13:15:43

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: