Dewan Kesenian Pamekasan Gelar Workshop Perkusi

Pamekasan – Dewan Kesenian Pamekasan (DKP) akan menggelar workshop musik perkusi bagi para pelatih dan guru seni dari tingkat SD hingga SMA di Madura, Jawa Timur, Jumat (28/11).

“Kegiatan ini sebagai upaya Dewan Kesenian Pamekasan untuk menambah wawasan dan meningkatkan kualitas para musisi secara umum dan pecinta musik perkusi di Pamekasan secara khusus,” kata Sekretaris Dewan Kesenian Pamekasan, Sony Budiharto di Pamekasan, Kamis.

Perkusi yang banyak digunakan dalam musik terdisional “Ul-Daul” dan kini menjamur di Madura merupakan ikon kesenian tradisional warga Madura. Dengan adanya workshop ini diharapkan, para pelatih perkusi di Madura bisa membawa kelompok musiknya lebih maju dan memiliki “nilai tawar” yang lebih baik.

“Materi yang akan kami sajikan dalam workshop ini adalah tentang teknik-teknik lagu dan kolaborasi jenis musik,” katanya.

Menurut dia, pelibatan guru seni dalam workshop perkusi karena ke depan diharapkan jenis musik ini bukan hanya sebagai musik jalanan, tapi bisa diperkenalkan lebih jauh dalam dunia pendidikan, mulai dari tingkat SD hingga SMA, bahkan perguruan tinggi.

“Kami menginginkan musik daerah ini menjadi tuan rumah di rumahnya sendiri. Ini bisa terjadi apabila jenis musik rakyat ini mampu tampil dengan menarik dalam kemasan yang menarik pula tentunya,” jelas Sony yang juga guru seni di Pamekasan.

Peserta workshop di gedung kesenian Vihara Avalokitesvara, Dusun Candi, Desa Polagan, Kecamatan Galis, Pamekasan itu sebanyak 80 orang. Mereka berasal dari Kabupaten Sumenep, Pamekasan, Sampang dan Bangkalan, masing-masing 20 orang.

Abdul Azis

antarajatim, Kamis, 27 Nov 2008 10:19:53

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: