Jansen Jasien Gelar Lomba Karya Tulis Seni Rupa

Surabaya – Pelukis asal Kecamatan Krian, Kabupaten Sidoarjo, Jatim, Jansen Jasien menggelar lomba karya tulis bidang seni rupa, berupa berita mendalam atau opini untuk wartawan dan masyarakat.

“Tulisan yang diikutkan dalam lomba ini harus dimuat di media cetak, on-line atau ‘blog-blog’ pribadi dari masyarakat umum yang memiliki minat pada seni rupa,” kata panitia lomba, Ruli Anwar kepada wartawan di Surabaya, Selasa.

Didampingi dewan juri, Sirikit Syah dan Freddy H Istanto, ia menjelaskan, tulisan itu dimuat 7 Januari hingga 23 Februari 2009′ minimal 3.000 karakter. Temanya adalah, segala hal menyangkut diri Jansen Jasien, karya dan kiprahnya dalam upaya pelestarian benda budaya Surabaya.

“Penilaian karya meliputi orisinalitas, relevansi dengan tema, kedalaman, struktur tulisan dan lainnya. Panitia menyediakan hadiah berupa lukisan untuk semua pemenang. Lukisan itu tidak dapat ditukar dalam bentuk lain,” katanya.

Pemenang pertama mendapatkan lukisan seharga Rp15 juta, kedua Rp10 juta dan ketiga Rp7,5 juta. Pemenang juga akan mendapatkan piagam dan sertifikat keaslian karya untuk masing-masing lukisan yang diterima.

Karya tulis dikirim dalam format MS Word ke email jjart.competition@list.ciputra.ac.id, sedangkan kliping asli atau “print out” di media “on-line” dikirim ke panitia: House of Sampoerna, Jl Taman Sampoerna 6 Surabaya paling lambat 23 Februari 2009.

Sirikit Syah yang juga praktisi media di Surabaya mengemukakan, lomba semacam ini menjadi simbiosis bagi Jansen Jasien, wartawan dan masyarakat umum yang memiliki kepedulian bagi seni rupa.

“Tahun 1980 hingga 1990-an, meskipun karyanya banyak yang tidak laku, kritik seni rupa sangat hidup. Sekarang, karyanya banyak yang laku, tapi kritiknya sepi. Melalui kompetisi seperti ini saya kira sangat positif,” katanya.

Masuki M. Astro
antarajatim, Selasa, 06 Jan 2009 18:54:38

Satu Tanggapan

  1. good…………………………………………………………………………………….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: