Aktivitas Kesenian di Jombang Masih Terpinggirkan

JOMBANG,MINGGU-Kegiatan berkesenian di Kabupaten Jombang relatif masih terpinggirkan oleh ketidakberpihakan sistem dan kebijakan.

Setidaknya hal itu yang terlihat selama tiga hari pementasan teater yang menampilkan tiga repertoar bertema Ode Kaum Marginal oleh sejumlah mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) PGRI Jombang yang berakhir Minggu (11/1).

Akibat ketiadaan gedung pementasan yang memadai, pementasan teater yang dibanjiri ratusan penonton itu mesti digelar di Plaza Theatre Jombang yang sejatinya adalah gedung bioskop. Sejumlah penonton yang tampak antusias mesti rela berjejalan hingga di lorong ruang pentas yang sempit.

Dosen Seni Drama STKIP PGRI Jombang, Imam Ghozali AR yang mengaggas pentas itu menyebutkan bahwa kehadiran gedung pertunjukan kesenian memang sangat dibutuhkan di Kabupaten Jombang. Ia menuturkan, saat ini untuk komunitas teater saja telah aktif sedikitnya 27 kelompok di sejumlah sekolah dan tiga kelompok teater umum.

Ingki Rinaldi

Kompas, Minggu, 11 Januari 2009 | 21:59 WIB

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: