Seniman Berharap Dinas Pariwasata Lanjutkan Program TBJT

Surabaya – Kalangan seniman berharap program yang selama ini telah digelar oleh Taman Budaya Budaya Jawa Timur (TBJT) bisa dilanjutkan oleh Dinas Pariwisata Jatim setelah adanya perombakan struktur dan fungsi organisasi.

“Perubahan struktur dan fungsi organisasi di lingkungan kebudayaan ini kami harapkan tidak menyurutkan gerak langkah seniman dalam menghidupkan seni di Jawa Timur,” kata pelukis Jansen Jasien di Surabaya, Selasa.

TBJT yang selama ini dikenal sebagai lembaga pemerintah di daerah yang melakukan pembinaan pada seniman umum akhirnya diubah fungsinya ke pembinaan kesenian dan kebudyaan khusus untuk pelajar dan guru. Namanya juga diganti menjadi Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pendidikan dan Pengembangan TBJT.

Jasien mengemukakan, meskipun TBJT kini lebih dikhususkan untuk pembinaan bagi kalangan pelajar, namun seniman umum diharapkan tetap bisa memanfaatkan sarana yang ada di Jl Gentengkali Surabaya itu.

“Saya berharap antara fungsi pembinaan untuk pelajar dengan seniman umum itu bisa sejalan seiring. Antara TBJT dengan Dinas Pariwisata jangan sampai ada petak-petak pemisah yang ekstrim dalam pembinaan kesenian di Jawa Timur,” katanya.

Humas Dewan Kesenian Surabaya (DKS), Farid Syamlan juga menyampaikan harapan yang sama. TBJT diharapkan tetap bisa menjalankan fungsi pembinaan seniman umum karena Dinas Pariwisata selama ini belum tampak kiprahnya.

“Harapan kami, Dinas Pariwisata bisa meneruskan program yang telah digelar secara rutin oleh TBJT, tapi untuk masa transisi, mungkin TBJT masih bisa menggelar program yang selama ini sudah terkenal,” katanya.

Pribadi Agus Santoso saat masih menjabat Kepala TBJT sempat mengemukakan bahwa ada program yang memiliki akar sejarah kuat dengan aset atau fasilitas lembaga di bawah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jatim itu.

“Misalnya gedung Cak Durasim di TBJT ini kan sangat berkait dengan program Festival Cak Durasim (FCD). Bagaimana jika kemudian FCD itu digelar di luar gedung Cak Durasim,” katanya sekitar Nopember 2008.

Sementara Kasubag TU UPT Pendidikan dan Pengembangan TBJT, Karsono mengemukakan, saat ini lembaganya masih mencari format program tahun 2009.

“Pada Januari ini, belum ada program dan kemungkinan baru bisa berjalan mulai Februari atau Maret 2009. Kami baru mencari format program yang sesuai dengan fungsi yang sekarang,” katanya.

Menurut dia, saat ini pihaknya masih melakukan koordinasi internal dari semua seksi. Ia mengakui, memang tidak mudah mengalihkan peran yang selama ini untuk pembinaan pada kesenian secara umum ke kesenian dalam bingkai pendidikan di sekolah.

Masuki M. Astro
antarajatim, Selasa, 20 Jan 2009 19:31:04

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: