Noor Ibrahim dan Aripin Petruk Pameran Patung

Surabaya – Perupa asal Surabaya, Noor Ibrahim dan Aripin Petruk akan memamerkan karya patung bertema “Survival” di galeri seni Pusat Kebudayaan Prancis (CCCL), Surabaya, 4 – 20 Februari 2009.

Atase Pers CCCL, Pramenda Krishna Airlangga di Surabaya, Sabtu, menjelaskan, Noor Ibrahim dikenal sebagai pematung yang pernah tampil dalam kegiatan “Biennale” 2005 di Venezia, Italia kemudian dilanjutkan di Jepang dan Malaysia.

“Ia juga sering tampil dalam pameran di Galeri Nasional Indonesia. Karena itu sudah semestinya jika CCCL Surabaya mengundang pemahat besar ini untuk menampilkan karya-karyanya,” katanya.

Menurut dia, pada pameran kali ini, Noor Ibrahim dengan Aripin Petruk ditampilkan bersama sehingga ada nuansa dialogis dalam karyanya serta saling menjawab satu sama lain.

“Mereka mengetengahkan tema mengenai makin banyaknya orang miskin di perkotaan. Mereka menampilkan tokoh-tokoh yang termarjinalkan dan manusia yang harus bertarung dengan diri dan lingkungannya. Keduanya mengajak masyarakat untuk merenung dan peduli pada tokoh-tokoh tersebut,” katanya.

Karena ukurannya yang besar, katanya, karya-karya itu tidak hanya dipajang di galeri, melainkan juga ada di kebun belakang CCCL serta lokasi lain sesuai dengan respon mereka terhadap ruang yang ada di salah satu pusat kegiatan seni budaya di Surabaya itu.

Krishna menjelaskan, Noor Ibrahim yang lahir di Magelang, 20 Januari 1966 pernah belajar melukis di Surabaya dan Fakultas Seni Patung di Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta.

Meskipun lahir di Magelang, ia mengenyam pendidikan dan banyak tinggal di Surabaya. Karena itu aktivitas keseniannya setelah kuliah di ISI banyak digelar di Surabaya dan Malang. Ia juga pernah menggelar pameran di Yogykarta, Bali, Magaleng, Semarang dan Jakarta.

Sementara Petruk Aripin yang lahir di Surabaya, 14 Desember 1959 banyak menghasilkan karya instalasi dan patung. Selama ini Ia lebih banyak mamamerkan karyanya di Surabaya.

Masuki M. Astro
antarajatim, Sabtu, 31 Jan 2009 08:59:52

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: