Dewan Kesenian Kabupaten Probolinggo Dilantik

Tampilkan tiga Budaya Lokal

KRAKSAAN – Pengurus baru Dewan Kesenian Kabupaten Probolinggo (DKKP) siang kemarin dilantik di gedung Islamic Center Kraksaan. Dalam cara pelantikan itu tiga kesenian lokal ditampilkan untuk memeriahkan acara.

Dalam sambutannya sebelum melantik Bupati Hasan Aminuddin mengatakan, dengan dilantiknya pengurus DKKP Kabupaten Probolinggo itu diharapkan untuk mengajak pada budayawan lokal bangkit bersama mengangkat kesenian lokal yang kelihatannya nyaris mati. “Itu tugas utama DKKP,” katanya.

Selain itu DKKP diharapkan segera menggelar beberapa acara yang melatih pada masyarakat dan generasi muda untuk mencintai budayanya sendiri. “Agar budaya yang dimiliki itu tidak musnah karena ditinggal masyarakat. Dan juga perlu dipikirkan, bagaimana masyarakat mendidik anak-anak mengetahui sejarah budaya Indonesia,” terangnya.

Tiga kesenian lokal khas Probolinggo yang ditampilkan kemarin adalah tari Rerere dari Tegal Siwalan, Tari India dari Leces, dan pelawak Syukur asli produk Probolinggo yang tampil bersama anaknya.

Saat Syukur tampil dan anaknya di atas pentas, para undangan dan para hadirin yang hadir waktu itu tertawa. Acara itu terlihat meriah. “Kalau Syukur itu sudah tampil, tidak ada orang yang tidak tertawa,” cetus salah satu hadiri waktu itu.

Ketua panitia H Rifa’i yang sekaligus menjadi ketua DKKP Kabupaten Probolinggo mengatakan, bahwa pihaknya akan mengumpulkan para budayawan lokal untuk memajukan kesenian yang ada di Kabupaten Probolinggo. “Kami siap untuk menghidupkan kembali beberapa budaya yang sudah lama tertidur,” katanya.(ain)

Radar Bromo, Kamis, 05 Februari 2009

Satu Tanggapan

  1. ayo dewan kesenian probolinggo
    adain lomba menulis buat umum…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: