Seni Tradisional Asal Jombang Terancam

JOMBANG, MINGGU – Penyelamatan apresiasi budaya dan seni tradisional Jombang di kalangan masyarakat umum dinilai mendesak. Hal itu disebabkan relatif tidak adanya kontak yang dibangun antara kalangan seniman dan masyarakat pengapresiasi selama ini yang cenderung menyebabkan masyarakat kehilangan orientasi terhadap produk seni dan kebudayaan mereka.

Kepala Seksi Kebudayaan Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata (Porabudpar), Nasrul Ilah, Minggu (15/2) menyebutkan, salah satu kesenian tradisonal Jombang yang terancam tidak dikenal lagi adalah Jaran Kepang Dor. Kesenian dengan sejumlah penari yang menaiki kuda-kudaan diiringi musik karawitan itu merupakan salah satu bentuk kesenian tradisional yang dipercaya sebagai bentuk asli dari perpaduan sejumlah budaya di Jombang. Jaran Kepang Dor ini berbeda dengan Jaran Kepang Samboyo yang berasal dari pengaruh budaya di Trenggalek, Tulungagung, dan Kediri dan merupakan seni tradisi yang sudah direvitalisasi dari sisi kemasan dan penampilan.

“Jaran Kepang Dor dipengaruhi budaya panaragan saat Kerajaan Mataram diserang pada masa Wora Wari sekitar tahun 1100,” kata Nasrul.

Salah satu bentuk seni tradisional lain yang menurut Nasrul dipengaruhi masa Wora Wari adalah tari remo bolet yang sedikit banyak mengambil contoh dari reog Ponorogo. Persoalan itulah yang kemudian memunculkan ide guna menyelenggarakan pentas seni tradisional secara rutin.

Nasrul menyebutkan, pentas seni tradisional secara rutin akan digelar setiap Minggu dimulai pada Minggu (15/2), untuk menimbulkan kembali apreasiasi dari masyarakat luas. (Ingki Rinaldi)

Kompas.com, Minggu, 15 Februari 2009 | 23:11 WIB

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: