Seniman Mojokerto Deklarasikan KPSPS

Surabaya – Sejumkah seniman di Kabupaten Mojokerto, Jatim mendeklarasikan terbentuknya Kelompok Pekerja Seni Pecinta Sejarah (KPSPS) di Mojokerto, Senin.

KPSPS Mojokerto dipimpin oleh Ribut Wiyono, seorang pematung dengan dibantu Sucipto (pelukis) sebagai wakil ketua, Abdul Malik (pengamat seni rupa) sebagai sekretaris dan Nanang (perupa) sebagai bendahara.

Deklarasi KPSPS Mojokerto dihadiri Penasehat KPSPS Surabaya, Freddy H. Istanto yang juga Wakil Ketua Surabaya Haritage, Ketua KPSPS Surabaya, Jansen Jasien dan sejumlah dosen dari Universitas Ciputera.

“Dengan terbentuknya KPSPS Mojokerto ini, maka KPSPS telah ada di tiga kota, dimulai dari Surabaya yang terbentuk pada 17 Agustus 2007 dan Semarang tahun 2008. Dengan ini KPSPS memiliki jejaring yang lebih luas untuk berkiprah,” kata Jansen Jasien.

Ia mengemukakan, pihaknya menggagas pameran seni rupa bersama aktivis KPSPS di Surabaya akhirnya 2009 dengan tema tentang Majapahit. Hal itu untuk menyauti isu mengenai rusaknya sejumlah situs peninggalan Kerajaan Majaphit di Mojokerto akhir-akhir ini.

Ia mengemukakan, meskipun KPSPS Surabaya terbentuk lebih dahulu, namun tidak ada hubungan hirarki dengan KPSPS di kota lain. Hal itu karena organisasi tersebut hanya merupakan paguyuban yang antara satu dengan lainnya tidak mengikat.

Freddy menambahkan, isu-isu sejarah tetap menarik digarap oleh seniman, khususnya perupa karena saat ini ada kerinduan mendalam bagi masyarakat untuk kembali ke identitas lokal.

“Karena itu, dengan memiliki kepedulian pada masalah peninggalan sejarah, maka akan menambah nilai lebih bagi seniman itu sendiri,” kata Dekan Fakultas Seni dan Desain Universitas Ciputera Surabaya itu.

Masuki M. Astro

Antarajatim, Senin, 16 Peb 2009 19:25:43

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: