Pelukis Surabaya dan Sidoarjo Pameran ‘Prospektif’

Surabaya – Sebanyak 10 pelukis asal Surabaya dan Sidoarjo akan memamerkan karyanya dengan tema “Prospektif” di Galeri Surabaya, kompleks Balai Pemuda, 10 hingga 15 Maret 2009.

Salah seorang peserta pameran, Farid Firdaus di Surabaya, Minggu menjelaskan, ke-10 pelukis itu adalah, Setyoko, R. Rusmadi, M. Fauzi, Ani John, Harmani, Yanto Kesit, Kang Jo, Ali Topan, Nurhadi dan Farid sendiri.

“Kami sepakat mengambil tema prospektif untuk melihat adanya prospek atau harapan ke depan mengenai masa depan bangsa ini. Kami ingin mengetengahkan cakrawala berpikir positif untuk menatap masa depan, khususnya di bidang kesenian,” katanya.

Ia mengemukakan, menyesuaikan dengan temanya tentang harapan, maka ke-10 pelukis itu menampilkan karya-karya dalam kanvas ukuran besar, minimal 2 meter. Lukisan di kanvas besar melambangkan besarnya optimisme menatap hidup.

“Lukisan dalam kanvas besar itu juga menunjukkan kebersamaan kalangan seniman dalam memaknai kehidupan ini dalam perspektif kesenian. Kami ingin tampil dengan serius, karena kalau lukisan kecil-kecil kan sudah biasa,” katanya.

Ia sendiri menampilkan karya bertema “So Time” yang melambangkan waktu, di mana saat ini yang mendekati pemilihan umum. Ia memaknai saat ini adalah saat “bermain-main” dengan waktu.

“Apakah kita bisa memanfaatkan waktu ini dengan baik atau tidak, tergantung kita. Mengenai apa bentuk dari karya saya ini saya sulit menjelaskan. Silahkan diartikan sendiri,” katanya.

Pada pameran ini, seluruh peserta bebas mengekspresikan pemikirannya mengenai
harapan baru yang lebih prospektif tersebut. Setiap peserta hanya menampilkan satu lukisan karena disesuaikan dengan ruang yang tidak begitu luas di Galeri Surabaya.

Masuki M. Astro
antarajatim, Minggu, 08 Mar 2009 06:13:37

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: