FSS 2009 Ditiadakan Karena Bersamaan Pemilu

Surabaya – Festival Seni Surabaya (FSS) 2009 yang waktunya hampir bersamaan dengan pelaksanaan pemilu, ditiadakan karena panitia khawatir ada yang memanfaatkan kegiatan itu untuk ajang kampanye kontestan tertentu.

“Kalau FSS itu tetap dilaksanakan, kami tidak enak karena khawatir ada yang memanfaatkan. Apalagi banyak tokoh yang dulu mendukung FSS, kini aktif di politik dan menjadi caleg,” kata Ketua Umum Putera Surabaya (Pusura), Kadaruslan di Surabaya, Selasa.

Sebagai pimpinan dari lembaga penyelenggara festival tahunan tersebut, pihaknya lebih memilih melakukan konsolidasi ke dalam untuk pelaksanaan FSS tahun-tahun mendatang sehingga lebih berkualitas.

“Sekarang ini banyak gambar baliho bertebaran. Kami khawatir, nanti FSS juga dimasuki kegiatan semacam itu. Kami melakukan introspeksi untuk perbaikan pada festival di masa mendatang agar berjalan lebih baik lagi,” katanya.

Menurut dia, personel yang terlibat dalam FSS, saat ini juga tidak sedikit yang terlibat dalam politik praktis. Karena itu ia menilai, panitia juga tidak bisa bekerja maksimal jika harus memaksakan diri melakukan festival.

Ia mengakui bahwa dalam suasana yang penuh dengan kegiatan politik itu, Kota Surabaya memerlukan suguhan kegiatan kesenian yang menyejukkan.

Karena itu pihaknya akan terus berupaya menghadirkan kegiatan kesenian selama pemilu, seperti woskshop maupun diskusi, termasuk pementasan yang sifatnya tidak terikat dalam festival tertentu.

“Tentunya kegiatan kesenian itu kami sesuaikan dengan kondisi sekarang. Artinya kegiatan itu kami gelar secara khusus sehingga menjadi penyejuk dalam suasana sekarang,” ujarnya.

FSS yang tahun ini memasuki tahun ke-12 merupakan kegiatan tahunan yang digelar Pusura sekaligus memeriahkan HUT Kota Surabaya. Festival yang banyak menampilkan kesenian lokal, daerah lain dan bahkan dari luar negeri itu selalu digelar awal hingga pertengahan Juni.

Masuki M. Astro
antarajatim, Selasa, 31 Mar 2009 12:44:56

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: