Memperkenalkan Sekaligus Mengajak Cinta Ludruk

Festival Ludruk Surabaya

suarasurabaya.net| Festival Ludruk Surabaya 2009, yang digelar Rabu (05/08) digedung Cak Durasim kompleks Taman Budaya Jawa Timur, merupakan upaya untuk memperkenalkan sekaligus mengajak generasi muda mencintai kesenian khas Suroboyo ini.

TRI BROTO WIBISONO satu diantara juri festival, menyampaikan itu kepada suarasurabaya.net, menyoal festival ludruk untuk pelajar dan mahasiswa yang digelar Rabu (05/08) di gedung Cak Durasim.

Kesenian ludruk yang dikenal masyarakat luas sebagai kesenian khas Kota Surabaya memang semakin tergusur keberadaannya dengan semakin berkembangnya bentuk-bentuk hiburan yang lain.

“Padahal banyak komunitas atau kelompok masyarakat lain yang ingin memainkan Ludruk, tetapi mengapa justru di Kota Surabaya sendiri, kesenian ini tidak banyak diminati kalangan generasi muda,” tambah TRI BROTO.

Dan dengan hadirnya festival ludruk seperti yang digelar pada Rabu (05/08) digedung Cak Durasim kompleks TBJ di Jl. Gentengkali tersebut, paling tidak sebagai langkah awal memperkenalkan ludruk pada generasi muda.

“Dengan hadirnya para peserta dan pendukung yang rata-rata dari sekolah, bisa jadi kegiatan ini juga menjadi upaya untuk lebih mencintai ludruk. Karena Ludruk sejatinya adalah sebuah tradisi yang mulai terpinggirkan,” ujar TRI BROTO WIBISONO yang juga seorang koreografer tari.

Festival Ludruk Surabaya 2009 Rabu (05/08) diikuti sekurangnya 14 kelompok Ludruk yang berasal dari kalangan pelajar dan mahasiswa. Pembukaan festival dilakukan oleh BAMBANG DH Walikota Surabaya, didampingi WIWIEK WIDAYATI Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata Surabaya.(tok)

Teks foto:
-Penampilan satu diantara peserta Festival Ludruk Surabaya 2009.
Foto: TOTOK suarasurabaya.net
suarasurabaya.net

05 Agustus 2009, 17:11:59| Laporan J. Totok Sumarno

Satu Tanggapan

  1. Ludruk harus di perhatikan dan lestarikan!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: