Siap Gelar Festival Arjuna

PANDAAN- Gerak cepat ditunjukkan pengurus Dewan Kesenian Kabupaten Pasuruan (DKKP). Sejumlah kegiatan pun siap digelar oleh lembaga yang resmi dilantik pada pertengahan bulan Agustus lalu itu.

Ketua DKKP Jupri Abdullah yang dikonfirmasi menyatakan, setidaknya ada beberapa kegiatan yang telah ia siapkan untuk segera dilaksanakan. Meski begitu, tidak semua kegiatan yang akan digelar merupakan program baru. “Ada yang sebenarnya agenda lama, tapi sekarang tidak pernah digelar,” katanya.

Salah satunya adalah penyelenggeraan Festival Arjuna. Sebuah event yang dimaksudkan untuk mengangkat pariwisata kabupaten dengan ikon gunung Arjuna. Menurut Jupri, kegiatan tersebut direncanakan digelar selama lima hari, yakni 7-12 Oktober mendatang.

Ia mengakui, sejatinya kegiatan tersebut sudah termasuk dalam jadwal resmi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) kabupaten. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, event yang juga melibatkan para pelaku pariwisata di kabupaten itu tidak pernah digelar lagi.

Padahal menurut Jupri, penyelenggaraan event tersebut memiliki makna strategis karena penyematan nama Arjuna pada event itu. “Makanya, sekarang kami coba untuk konsisten dengan menggelar kembali event ini,” terang Jupri yang juga pekerja seni rupa ini.

Karena itu, pihaknya juga akan melakukan sedikit perubahan atas pelaksanaan event itu nantinya. Sebab, selain sekedar rutinitas, penyelenggaraan kegiatan itu juga dimaksudkan untuk mengangkat kembali beberapa warisan budaya yang ada di kabupaten.

Misalnya, menggelar pementasan budaya lokal. Mulai wayang kulit, ludruk, tayub, tari-tarian, ojung dan berbagai mode kebudayaan lainnya. Termasuk, seni lukis. Sebab, harus diakui bahwa meski kurang banyak mendapat perhatian, potensi seni di kabupaten cukup besar.

Setidaknya, itu terlihat dari banyak seniman muda berbakat yang terus bermunculan. “Makanya, ini masih kami persiapkan semuanya,” terang Jupri sembari menjelaskan rangkaian kegiatan itu merupakan hasil kerjasama dengan Disbudpar kabupaten. (aad/hn)

Radar Bromo, Kamis, 24 September 2009

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: